Monday, June 30, 2008

Si Tuti Numpang Eksis, haha..


Gue sayang si tuti.. Pastinya, dia bukan pacar gue ataw pacar adek gue. Tapi, si tuti ini kura-kura brazil yang gue pelihara beberapa bulan lalu. Maap ya kalo ada kesamaan nama, hehe.. Ga maksud apa-apa loooh.. Si tuti ini masih kecil en gue juga ga tau dia jantan atawa betina.

Kenapa namanya tuti?
Banyak temen gue yang nanya soal nama kura-kura cilik itu. Coz, namanya ga lazim buat nama binatang, lebih cocok buat nama seorang perempuan. Tuti bukan juga singkatan dari “tukang tipu” loh.. Sebenernya, nama tuti itu muncul karna gue bingung si kura-kura mau dikasih nama apa. Jadilah dia dinamain TUTI aja, biar gampang.

Sebagai salah satu jenis kura-kura brazil, si tuti lumayan cute kok. Warna kulitnya hijau tua cerah en tempurungnya kokoh. Gerakannya juga gesit, apalagi kalo liat gue mendekat ke akuariumnya, dia selalu gerak-gerakin kakinya. Kaya anjing gitu deh.. hihii.. Dia suka banget makan sawi ijo en makanan kura-kura kering yang butirannya kecil.

Selama ini, banyak pemelihara kura-kura yang susah ngebedain jenis kelamin peliharaannya, termasuk gue. Nah, gue punya info mengetahui jenis kelamin kura-kura brazil dari situs http://www.hewanpeliharaan.com/. Memelihara kura-kura brazil juga ga merepotkan. Masukin aja di akuarium plastik ukuran sedang (kalo kura-kuranya masih kecil ya) trus kasih sedikit air en batu-batuan. Sebaiknya, air ga perlu banyak-banyak biar si kura-kura masih bisa nongkrong di bebatuan.

Yang paling penting untuk diingat, jangan males bersihin air di akuarium kura-kura. Coz, dia makan dan pipis en pup di dalam air. Akuarium si tuti aja harus dibersihin tiap hari. Kalo ga, baunya minta ampun en airnya butek. Akuarium yang kotor jadi sarang bakteri dan kuman. Akhirnya, kura-kura kita juga jadi ga sehat.

Tertarik pelihara kura-kura, hunting aja di Barito, Jaksel ataw petshop-petshop yang deket rumah kalian. Kura-kura brazil harganya ga mahal. Sepasang sekitar Rp25.000. Gue juga pengen punya kura-kura unik nih, tapi sepertinya harganya mahal, malah ada yang muahal banget sampe jutaan.

gambar dari berbagai sumber...

30 comments:

monsterikan said...

gue goreng jadi keripik bole ga?
*kabur*

fanani said...

ini kura-kura ya?
bukan labi-labi?

Vina Revi said...

Tar jadi segede apa?

monsterikan said...

btw gw mod di videogamesindonesia.com sama kafegaul.com

:(

laporan said...

Anak kura-kura namanya tukik, saya juga pelihara tapi bulus (kura-kura sungai) warnanya item doang. Tapi ni bisa warna-warni, lucu, bisa gede ngak tuh?

preme said...

wah2 penyayang binatang juga dee ini, apa gak repot ngurusin atu2?? kalo gak salah punya beberapa kucing juga kan?

christi said...

..uhuk.uhuk..jd inget kura2 ku yg ilang..yg prnah gigit jempol tanganku..

brainwashed said...

thx ya dee, gw jadi tambah pengetahuan nih.. hehehe.. pgn pelihara cm takut ga kepegang.. xixixi..

nita said...

kalo dewasa segeda apa? apa bisa bakalan segeda kura2 galapagos he3x

dee said...

to monsterikan:
weeek kura-kura kan bukan belut yg bisa dibikin kripik.. :p

to fanani:
kalo labi-labi moncongnya lebih runcing.. yg di foto sih kura-kura brazil..

to vina revi:
kura-kura brazilku yg dulu udah segede telapak tangan.. mungkin bs lbh gede lg ya mba..

Tony said...

wow keren banget...coba aku juga punya :)

achoey said...

aku suka kura2
tapi ga suka pura2

dik
dikau amat insfiratif

hari Lazuardi said...

memelihara si tuti bisa dijadikan kawah candradimuka alias ajang test case jika dee nantinya memiliki anak, jadi sudah teruji kepiawaian dan sifat-sifat keibuannya...

Mike.... said...

kura-kura brazil?bisa maen bola jg ga ya mereka?ha..ha..*ngacoo*

kecil bgt yak?bisa lgsg ditelan kayak makan kerang tuh..;D

D i d i said...

jadi nget kura2 brazilku dulu deh ...

msh kecil imut, udah gede malah gigit aku ...
weks ! gk tahu balas budi tuh kura2

Eucalyptus said...

Waaa.... lucu banget si Tuti ini.... moga2 gak jadi gede.. he he, abis klo udah gede rada2 takut seh jadinya...

SatoNa said...

huee.. cc dee sukanya kura" yah? kok kecil banget? emank brp lama cc baru gede?

Juminten said...

ha? beneran semurah itu, mbak?
mauuu... kupikir mahal, loh!
lucu jg, yah?
tp rada parno gitu kalo tiba2 dia ilang.
takutnya keimpit atau keinjek. :P
habis mungil bgt, sih...

Antown said...

kalo kecil lucu, tapi kalo dah gede katanya mengerikan. Hati2 digigit lho. Bener nggak sih kalo terlanjur gigit dia nggak mau ngelepas?
oya dee, saya kemarin siang sempat ngobrol sebntar sama mas khairil. Dia masuk siang, sedangkan saya masuk agak sorean. jadinya kalo saya sudah masuk, dia pasti sibuk. Tapi enak juga diajak ngobrol.

dee said...

to laporan:
bulus setau saya bs lebih gede dr kura2 brazil..

to preme:
ngurus kura2 lebih gampang dr ngurus kucing, preme.. akuariumnya aja kecil..

to christi:
mba, skrg pelihara si kura2 lagi ga?

to brainwashed:
kalo msh takut pegang kura2, pegangnya di kedua sisi tempurungnya aja..

to nita:
beda jenis mba.. kura2 galapagos ditakdirkan utk jd kura2 "monster" hehe.. maksudnya gede banget..

to tony:
coba pelihara aja ton.. kalo tertarik, cari infonya dulu di inet..

to achoey:
suka kura2 juga ya choey..? toss :D

to hari lazuardi:
katanya, kalo org syg sama binatang peliharaannya, nantinya (insya allah) bs ngurus anak dgn baik, mas. amiiiin...

to mike:
kura2 brazil sejago ronaldo loh dalam menggocek bola, hehe.. yang ada si kura2 yg dijadiin bole, mike..

to didi:
ternyata banyak jg ya yg pengalaman digigit kura2nya..

to eucalyptus:
kalo si tuti jd gede banget, sy juga serem mba.. terpaksa dia tinggal di kolam ikan

to satona:
kura2ku dulu pertumbuhannya lumayan cepet, fel.. beberapa bulan dah keliatan gedenya.. klo si tuti smp skrg msh mungil..

to juminten:
beberapa bulan lalu sih harganya segitu.. kalo di masukin dalam akuarium, ya ga bakalan keinjek..

to antown:
sy blm pernah digigit kura2 sy town, alhamdulillah.. klo mo test, cobain aja deketin mulut si kura2 ke jempolmu, heheee..

raie said...

dulu pernah melihara. dibawain sodara yang tinggal di pantai.
trus dengan bodohnya daku taro di kolam ikan depan rumah.
dy hilang, kabur entah kemana.

besoknya daku temuin di jalan deket rumah. udah remuk. kayaknya keinjek mobil deh
huhuhu

indo said...

Lucu...kecil amat tuh kura2, gedenya seberapa ya..

dee said...

to raie:
turut berduka cita ya.. pengalaman, kalo kura2 msh kecil, mendingan ditaro dalam akuarium aja..

to indo:
waktu masih kecil, kura2 brazil lucu bgt krn badannya mungil.. bs dimasukin dlm mulut.. kura2 sy sih paling gede setelapak tangan org dewasa..

oping said...

whhoooaaa kecil bgt tu si tuti??? kl keinjek gmana?? dia bisa bersuara ga? tuti tuh nama kepala dinas DKK. former atasannya mamah oping (drg. tuti Sp.Orto) hihihi

seezqo said...

Kura-kura kalo menurut legenda China tuh lambang kemakmuran dan kesabaran. Moga-moga semua itu bisa dateng ke Dee semua :)

Puput said...

kuranya kecil bener, cuma sejari tangan...

gedenya maksimal seberapa tuh..

masih terkesima sama kecilnya

extranyos said...

duh deeee!! kesian ahh, udah lepasin di got aja deh, daripada ditomplok kucing, tar dendem lo -kaya gw dendem ama SITI- jangan sampe ada "KISAH PENJAGALAN SIKU"
(si kucing-red) =p

dee said...

to oping:
hahaha.. maap ya bu tuti, saya ga maksud nyamain nama kura2 sy dengan nama ibu.. piss..

to seezqo:
amiiin,, semoga sy memperoleh kemakmuran dan bs lbh sabar..

to puput:
ga tau jg ya put maksimal kura2 brazil segede apa. tapi, setelapak tangan aja dah cukup gede kok :D

to extranyos:
si siti tuh sapa nyos? kucing tetangga ya? kasian amat dijagal.. *sad..

proletarman said...

kura2 brazil cantiknya waktu kecil doang. Klo dah besar warna ijo tempurungnya menghilang jadi ijo campur cokelat dan hitam. Aku punya 4 yang panjangnya dah 25 cm. Klo kura2 yang lain mahal banget..Anak Indian Star aja di atas 300rb. Gampang mati lagi.
Tp kura2 brazil di bandung lebih murah lho. Cuman 15 ribu..

Don Danang said...

Kuyanya lucu. Tapi kalo gede jadi seyem. hahaha

Tempatku ada kucing. mau??

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial