Thursday, June 12, 2008

Akankah Flyover jadi Solusinya?

Pasar Ciputat identik dengan kemacetannya, pasar yang kumuh, sampah menggunung yang menjijikkan, dan angkot-angkot ngetem. Plus jalanan yang rusak berat biarpun dah beberapa kali diaspal ulang. Suasananya waktu pagi bener-bener crowded. Penuh pedagang sayuran, ayam, sampe underwear (wekekeke..) di satu spot. En, angkot-angkot yang seenaknya diparkir berjejer sama sopirnya, berasa yang punya jalan engkongnya kali yah :p

Kalo mau berangkat kerja lewat Ciputat, perlu kesabaran ekstra. Bisa-bisa emosi meledak ataw mendadak pengen misuh-misuh gara-gara angkot yang ngalangin jalan ataw pedagang yang bikin jalanan tambah sempit. Aromanya juga...huekk! Apalagi, kalo ujan, becek en bauuuuu banget! Kalo siang, panas-panas kena macet, nyium aroma ga sedap, banyak orang menyebalkan.. Gmblllll..grmblll... (ngedumel)! Pokoknya, lewat Pasar Ciputat bukan pilihan. Kalo ada jalur lain, mending cari alternatif ajalah. Daripada makin setres di jalanan.
Solusinya apa..?
Sejak setaun lalu, pemda berusaha mengatasi kemacetan di Ciputat dengan membangun flyover. Pembangunannya udah setengah jadi loh dan diprediksi selesai akhir taun ini. Tapi, seperti yang kita tau, selama pembangunan, kemacetan justru tambah parahhh. Lalu lintasnya semrawut karena beberapa ruas jalan ditutup dan ada bagian jalan yang rusak. Rencananya, pemda juga mau menertibkan pedagang en bikin pasar yang lebih bersih dan rapi. Kita liat aja nanti apakah flyover dan rencana-rencana lain bisa terealisasi dengan baik. Syukur-syukur, kemacetan di Ciputat berkurang dan pasarnya ga kumuh lagi. Sayang kalo Ciputat ga ditata, padahal letaknya lumayan strategis. Rumah gue aja ga jauh dari tol bintaro en deket stasiun..



Liat kondisi Pasar Ciputat siang hari dari teropong gue belom lama ini.. Lama ga lewat, pangling juga.. hehe..

27 comments:

brainwashed said...

sabar aja dee.. bentar lagi beres kq.. negara cipasera pasti bisa cepet selesai berbenah2 ria.. :D

Puput said...

ciputat toh, hmmmm tetanggaan dong

kalo angkot yang agak rese, udah di kasih fly ofer malah buat mangkal di pinggir fly overnya, alhasil.... sama aja... kacau

Juminten said...

iya, mbak.
kira2 nasibnya hampir sama kayak Flyover Roxy itu.
waktu masih dibangun malah tambang macet.
skrg pas udh jd, lega deh...
udh jarang2 macet di sana. :D

Rezki said...

Hmm?akhir tahun ini selesainya?agak ragu deh

nindya said...

iya dee, aku pernah lewat situ mau ke BSD wah semrawut macet, hujan dikit aja paraaah :p

Eucalyptus said...

Moga aja dgn flyover bisa mengurangi kemacetan. Kayanya di-mana2 emang maceeeeet, secara Jakarta itu udah kelebihan kendaraan pribadi....

Ernita D said...

dulu pernah lewat pasar ciputat, aaarrgh, macet, semrawut, angkot bejibun. bisa jadi flyover solusi yg baik asalkan di depan flyover gak ada lampu merah...itu yg terjadi di flyover senen, jadinya malah macet kemana2 krn ada lampu merah. btw sebenernya solusi ideal antikemacetan itu ya model subway atau skytrain (monorail jkt gimana perkembangannya?)

antown said...

@rezki: kayak tahu ciputat aja kamu riz? hehehe
@dee: kalo becek ya naik ojek hehehe. Tapi tetap aja sumpek. Bener2 pingin misuh (baca: ngumpat).
Saya pernah ada pengalaman ke ciputat. Padahal mau turun di masjid agung yang letaknya nggak jauh dari flyover tadi. Dasar karena emang pengalaman pertama, terpaksa deh saya harus ikut mikrolet itu, muteri jmbatan layang itu. Mana ya pasar ciputat?? tanya saya dalam hati.
Tahu kalo tempatnya nggak jauh gitu saya turun dari tadi.

Dee, kamu di editor bahasa yak? kapan2 kopdar yuk

Raffaell said...

So pasti, Flyove itu akan selalu jadi solusi, wong nambah kantong duit kok

Bani "BBoy Kodok" said...

iya mBa, kaLo FlyOver uDah jadi, pasti macetnyA berkurang (semoga aja)...

Di paSar Kemiri Depok juGA giTu mBa, untung aja Udah jadi FLyoVernya, maCetnya jadi berkuRang Lho...

taPi kaLo uJan tetep aja BeCek ga ada oJek (adaNya Becak,he,he,)

antown said...

Saya berencana membuat ilustrasi yang saya hadiahkan khusus untuk blogger yang rajin main ke blog saya. Syaratnya gampang, nggak harus cantik atau ganteng kok. Syarat pertama, sudut pengambilan gambar bagus. Kedua, mempunyai karakter wajah yang kuat. Ketiga, kualitas ukuran file gambar/foto bagus (tidak buram, gelap, atau kotor).

dee said...

to brainwashed:
smg ciputat cepet slesai dibenahi ya..

to puput:
kita ternyata tetanggan ya put.. rumahnya di ciputat juga?

to juminten:
kalo flyover ciputat dah jd, aku bs bernapas lega juga nil..

to rezki:
knp ragu ki..? semoga prediksinya tepat deh,, biar ciputat ga mcet bgd..

to nindya:
lewat ciputat pas mau interview di BSD ya mba..? :D

to eucalyptus:
iya mba.. kemacetan di jakarta emang luar binasa..

to ernita:
monorel jakarta? mandek mba.. denger2 ga ada investor yg berani ngedanain proyek itu

to antown:
kapan mas ke ciputatnya? kok ga bilang2 aku sih.. hehe..

to raffaell:
yup.. menuhin kantongnya u-know-who..

to bani:
hahhahhaha.. cichya laurrah bangedh sich..

seezqo said...

Setiap upaya solusi pasti akan membawa juga masalah baru.
Mestinya banyak belajar dari perum pegadaian yang mottonya " Menyelesaikan masalah tanpa masalah ". :)

elly.s said...

moga jadi bagus n nggak bau lagi...

oping said...

kl bandung tuh ekstra primitif. flyover-surapati yg br jadi bbrp taunlalu sbenernya direncanakan pemda dr dulu dan harusnya jg udah ada pas taun 70-80an. hmmm... biar ga macet kynya pajak buat mobil baru naekin aja (jangan ding hihihi). trus pemerintah bikin SKB supaya orang2 naek transportasi umum aja (jangan ding hihihi)

vei said...

wah vei lom tau ciputat sih.. jadinya lom ngerti gimana keadaan disana.. ya moga aja proyeknya cepet jadi aja.. :P

presy__L said...

waduh.. untung jarang banget ke ciputat.. deket rumah aja dah macet apalagi mpe mpe sana..

Interzone said...

wah saya setuju...kayaknya flyover ndak bakal menyelesaiakan masalah deh!

Don Danang said...

Ini sama kondisinya kayak di bogor. Kalo di sini dibikin underpass. Malah tambah macet. Tapi gpp kalo udah jadi bakal gak macet lagi. UHUY

Puput said...

@dee
bukan di ciputatnya sie, tapi di belakang bonbin ragunan, tetanggan agak jauh dikit :p

dee said...

to seezqo:
ibarat bersusah2 dulu, bersenang2 kemudian ya pak..

to elly S.
amiiiin..

to oping:
jangan ding smua, hehehe..

to vei:
kapan2 main ke ciputat aja vei..

to presy:
emang rumahmu dmn..?

to interzone:
sy malah berharap flyover bs menyelesaikan masalah kemacetan loh..

to don danang:
underpass di depan ktrku juga bkn jalanan tambah macet.. pheeeew..!

to puput:
wew.. itu mah jauh put.. hihi..

dhie said...

Semoga Flyover jadi solusi-nya.... ;)

Ciputat? di mana yack? :D

SatoNa said...

sabar yah cc.. mesti sambil baca Hockey club tuh biar ga stress di jalan. hahaha..

waah.. itu pembangunan maah.. yang ada tuh pemerintah seringnya cuma bangun awalnya, tapi ga di selesain.. *kehabisan dana kali yah karena dikorupsi*

dee said...

to dhie:
ciputat ada di peta kok. coba buka peta tangerang ajah hihihi..

to satona:
kaya kasus monorel ya fel..
smg flyover ciputat jadi ga setengah jadi :D

christi said...

*to dee: wah bakalan snasib nih dee, kl udh pndah rmh..ktmu angkot nakal, en kita bs naik kreta bareng nih..
*to antown: ciee mo kopdar ama dee..suruh ke IB aja dee biar kita bisa numpang liat

brainwashed said...

dee.. gw baru aja pulang dari ciputat, sepi kq ga ada macet.. sepanjang jalan isi nye cm gw doank (haha jam 2 pagi euy..) dingin bgt ya klo malem.. dinginnya beda sama dingin di jatinegara..wakakaka..

dee said...

to brainwased:
ya iyalah jam 2 pagi gituuu.. ngapain pak jam 2 pagi lewat ciputat? bukannya dah banyak tukang sayur ya jam segitu..

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial