Thursday, August 28, 2008

Tempat Duduk Prioritas

Lagi-lagi gue cerita soal kereta ni.. Coz, sekarang, kereta udah jadi bagian hidup gue. Bayangin aja, hampir tiap hari, berangkat dan pulang kerja, gue naik kereta, kecuali ada tebengan. Mau ga mau, gue jadi merhatiin penumpang kereta yang lain. Lama-lama familier juga sama muka-mukanya. Pastinya ga cuma merhatiin tampang orang dong, gue malah lebih merhatiin tingkah laku mereka.

Waktu tren batik booming beberapa waktu lalu, ibu-ibu penumpang kereta kompakan pake batik tiap hari. Sampe gue ilfil pake rok batik gue (yang gue beli sebelum batik naik daun) karena jadi pasaran. Pas trennya surut, tinggal satu dua orang yang masih pake baju batik.. Biarpun dah ga ngetren, gue sih tetep suka baju batik gue coz motif en modelnya bagus.

Oooopzz... maaf, pembahasan jadi menyimpang neh.

Sebenernya, yang mau gue omongin tuh bukan tren batik penumpang kereta. Tapi, lebih tepatnya, tenggang rasa antarpenumpang di dalam gerbong kereta. Salah satunya, soal tempat duduk prioritas. Di stiker yang ditempel di salah satu gerbong, gue baca kalo tempat duduk dalam kereta diprioritaskan untuk penyandang cacat, ibu hamil, manula, dan ibu yang mengajak anak bayi ataw balita. Tapi, nyatanya.. yang kebanyakan duduk adalah mereka-mereka ini.
Kalo gue pribadi, ga masalah ga dapet tempat duduk di kreta. Gue cuma perlu ngelewatin 2 stasiun untuk sampe ke kantor. Paling perjalanannya 15-20 menit. Ga pegel-pegel amatlah berdiri. Apalagi keretanya juga ber-AC, jadi ga gerah.. Tapi, gue kasian sama ibu-ibu agak tua yang berdiri (jadi inget nyokap gue). Gue juga pernah liat ibu muda yang lagi hamil tua berdiri dan yang inisiatif kasih tempat duduk justru ibu-ibu. Sedangkan, mas-mas di sebelahnya, tidur nyenyak sampe mangap ataw malah pura-pura ga liat..

47 comments:

Agung Mojosari said...

hmm....di kota ya? untung aku gak pernah naik kereta kalo kemana-mana, jadi aku gak termasuk orang2 yang itu, hehe...btw, pendidikan akhlak mestinya lebih diperhatikan daripada pendidikan pengetahuan...

cumie said...

gak bisa negative thingking jg ama mas masnya :) masing-masing pribadi punya masalah pribadi.

Masenchipz said...

klo gw malahan suka ada ibu2 yg nawarin gw duduk... apa gw terlihat kayak anak2 apa ya? he..he

***kaburrr

premesaid...

huehehehe liat mukanya saja udah ketebak itu muka-muka sok cuek

BTW itu ambil foto sendiri dee?...

*no offence*

rizal akbar said...

wakakakak...
iya mbak, emang nyebelin banget...
saya juga nggak jarang naik kereta, banyak juga cowok2 yang langsung pura2 tidur begitu ngeliat ibu2 ngedeketin bangku yang dia dudukin...
saya tahu, soalnya temen saya kadang juga begitu,

kalau ngeliat yang begitu tegur aja mbak...ingetin prioritasnya...

dhie said...

Untungnya dhie ndak naik kereta.

Kok pacar Dee, bengong aja? jangan-jangan lagi nunggu sang buruan lewat ya? :D

dee said...

to agung mojosari:
selain pendidikan akhlak, mungkin ditambah pelatihan untuk merangsang empati kali yah mas agung..

to cumie:
ga nyalahin si mas-mas juga sih.. cuma plizz dechh!! :D

to masenchipz:
iya, kamu baby face loh.. masih kaya anak-anak.. hahaha.. skalian bawa balon ya..

to preme:
iya aku yg foto preme..
ceritanya candid camera..

to rizal akbar:
wah sy ga enak negur2nya mas..
pastinya org yg lagi tidur itu bs nyolot sm saya.. klo di tmpt umum ky gitu, skalian bs buat ngelatih attitude kan..

Kristina Dian Safitry said...

lom pernah naek kereta,he..he..tapi kalo kereta dorong dah pernah.*gubrak!*

raie said...

waktu itu daku pernah lagi jalan sama temen cewek naik bis ke jatinangor.
di tengah jalan, ada ibu2 naik bawa belanjaan. sayangnya kursi udah penuh, bahkan udah banyak yang berdiri. akhirnya daku relakan kursinya buat si ibu2 tadi. trus ada cewe bergumam (tapi pake karena suaranya kayak toa, jadi kedengeran) : ah paling cuma biar diliatin sama ceweknya aja tuh

buzet...
curiga amat orang Indon sekarang yak

Daniel GM said...

rasa bersalah karena ga kasih tmpt duduk sama yang lebih membutuhkan ud ga ada lagi kayanya... coba mereka mikir kalo ibu mereka gitu... apa iya mereka bisa tenang ga ngasih tmp duduk..

Pekanbaru! Riau said...

ho.. jadi ke kantor pake kreta api?..

Nggak mampu nginep di grand zuri saya yg bayarin, asal kasi tahu saya kalo ke Pekanbaru ok....

Hendrawan said...

kalo saya pergi kerja pake motor, mau numpang?

Prie said...

Aduuuh..., kalo yang kayak gini udah susah dikomentari. Aku duluuu... (ya 8 atu 10 tahun silam) sering harus berbagi dengan penumpang yang "selayaknya" mendapat tempat duduk. Tapi.. (ada tapinya...) koq yang lain kadang "aneh" ngelihat aku.... (susah jadi orang baik emaang...hehehehe...).
Its okay..., kadang aku sendiri nggak enak jadi orang Indonesia (khusus untuk kejadian yang kayak gini ini aja lho..).
Salam kenal.., sukses selalu. terus nge-Blog!!!

afwan auliyar said...

beda orang beda persepsi .... :D

mungkin itulah yg dipikirkan mereka.... :D
kan gw yg duduk duluan ...

Eucalyptus said...

Udah susah ya cari orang yg peduli sekarang... masa bodoh dgn orang lain.... gemes liat gaya ketidakpedulian si mas2 itu

Eucalyptus said...

Oh ya, aku dah posting tag-nya..

Antown said...

kok?
kok nggak...?
kok nggak disensor...?
kok nggak disensor matanya dee?

cerita senja said...

akhirnyaaaaaaa bisa juga posting komen disini, duh susah banget aku post comment disini jeng....*lah malah curhat*

hajar aja jeng...hajar lah pokoknya :D

brainwashed said...

duh lagi2 kelakuan memalukan dari cowo nih..

acuh pada org tua renta, ibu hamil, dan ibu bawa anak kecil, membiarkan mereka berdiri di kendaraan umum, sedangkan bangku yg tersedia ga cukup/ penuh terisi dgn org2 yg ga ber-polo.. apalagi kursi khusus yg diperuntukkan mereka diduduki oleh orang yang ga berhak menduduki.. bener2 ga punya nurani :(

Eddy J.Harto said...

Gak pernah lihat iklan Gudang Garam Merah dia-dia tuh dee,.. *Tunjukkan Merah Mu* hehehehhe

extranyos said...

yah namanya juga indon ...

sirleisaid...

Thanks for visiting my blog! His blog is always wonderful ...

presy__L said...

kalo dee merhatiin penumpang kereta. gw juga suka merhatiin penumpang bus. tapi dee enak cuma berdiri 15-20 menit. gw mpe 1 jam. haha

iya.kasian ibu2. tapi untungnya di bus masi ada mas/ bapak muda yg baik hati kasi tempat ma ibu2 yg dah tua..

Bani "BBoy Kodok" said...

Wah kalo saya waktu masih kerja di Pulogadung pulang emang nek kreta lebih cepet,tapi dari tebet ke Depok, pas jam kerja bujug daH... boro-boro duduk,,, diri aja masih ke injek-injek,he,he,he

kalo sekarang seh kerja cuma jalan kaki aja,he,he,he (kayak tukang bakso aja!!!)

Agung Mojosari said...

Lapor mbak, menu2 yang diatas gak bisa diakses :D lagi ada masalah dengan settingannya?

dee said...

to dhie:
pacarku yg lg bengong..? bukan x mas.. aku aja rasnya pengen jitak dia wakakakaaa..

to kristina in safitry:
serius mba blom pnh naik kreta?
ke luar kota naik pesawat yah..

to raie:
ya ampun mau berbuat baik aja diomongin org ckckckck..

to daniel G.M.:
yg sy liat sih tenang2 aja mas..
tp kdg ada juga kok yg tenggang rasa, biarpun jarang..

to prie:
iya mas, dah bbrp bulan ini sy jd penumpang setia KRL Ciujung..

to afwan auliyar:
sy ga nyalahin loh mas, cuma nyindir hehehe..

to eucalyptus:
skrg dah pd cuek ya bunda.. makin keliatan kalo lagi di tmpt umum..

Raynata... said...

for some reason..ternyata beberapa kasus yang saya alami bus kota (biasa naik Kopaja), walau ga harus selalu...tapi seperti ada "gentleman ruling" kalo para lelaki sebisa mungkin mendahulukan wanita dan orang tua untuk duduk..saya sie sadarnya ga sengaaja karena satu waktu liat..kok yang duduk smuanya perempuan..dan waktu ada ibu-ibu hamil pun langsung dikasi duduk...

kadang-kadang kalo liat pemandangan seperti ini suka berasa kalo orang Indonesia tuh hebat-hebat..tapi kalo baca cerita di atas..kok jadi sebel lagi...emang kembali ke individu yah rasanya..

salam kenal...

nita said...

kalo udah ada stiker peraturan seharusnya dituruti. yah tapi di indonesia memang hal2 begini dianggap sepele dan gak ada yg menegur. transportasi umum di AS juga ada tempat duduk tertentu yg buat orang tua/hamil dan penyandang cacat, jadi kalo mereka naik kita harus langsung tau diri memberikan tempat itu kpd mereka

hari Lazuardi said...

Mereka-mereka itu berarti penyandang cacat, ya cacat hatinya, perasaannya,kepekaannya, harus ada yang berani berbicara dan memberikan pelajaran kepada mereka, kamu saja dee, pasti bisa kan... :)

Juminten said...

hahaha... aku jg sering lihat yg ky gitu, mbak.
eh, tp kadang2 malah aku yg sering ditawarin tempat duduk.
mungkin ga tega kali ya lihat aku kurus2 begini capek2 berdiri? :P

SatoNa said...

umm.. yah begitulah cc, org indo itu.. tenggang rasa nya kurang banget..

jadi inget kalo naek kereta MTR gitu di Hongkong.. anak muda nya ga ada yang duduk.. sebagian besar lebih milih berdiri.. pekerja-pekerja muda nya juga. yang duduk di sono pasti yang udah bapak-bapak agak tua n' ibu2.. di sono mungkin pemuda" nya malah gengsi kalo duduk.. -_-

btw cc.. itu foto diambil diem" yah, pura" sms gitu? hihi..

qyusha said...

naik kereta api...tut tut tuutt..
heheheeeeeeee

Tony said...

hohoho sempet photo ya?? :D

SatoNa said...

cc cc.. ada tag buat cc.. ^^

dee said...

to antown:
upz.. maaf lupa nyensor town :D

to cerita senja:
udah sy hajar tuh neng, tp dalam hati sajah hihi..

to brainwashed:
saya ga berniat main gender loh pak.. :P

to eddy j. harto:
ini merahku Bang.. *sambil mengibar-kibarkan kain merah hahaaaa..

to extranyos:
eeh nyos, td pagi ada bapak2 baik ksh tempat duduk buat ibu yg ajak 2 anaknya yg msh kecil2.. msh ada indon yg baik kan..

to sirlei:
nice to meet you..

utti said...

dl tuh wktu msh kuliah hmpr tiap ari naek kereta,ursan pgel mah udah biasa,dr jkt-bgr kseringan bediri.
klu kjadian yg ky gitu sayah jg srng liat,mknya dl sk ngalah aja sm yg lbh tua,kesian jg kan.

dee said...

to utti:
kereta dari jakarta-bogor kan superpenuh.. aku pernah ke manggarai naik kreta dr depan kampus, gileee.. nyaris turun di tengah jalan..

Ivana said...

saya ngga ada pengalaman naik kereta tapi, tu mas-mas ngga gentle amat yah, ngga kayak di iklan yang...tunjukkan merahmu,hehehe.
Omong-omong soal tag,nanti tagnya saya ambil/liat di mana atau...?maaf kalo ndeso,saya baru kali ini dikasih tag,hehehe

Rezki said...

meheheh..tatapan mata tak bersalah..hehe

dee said...

to ivana:
tags-nya ada di bawah posting terbarukuw.. cek lagi yah..

to rezki:
hohohoo.. km juga sering pura2 tidur ga ki klo di bis atw kreta? wehehehe..

Caroline Sutrisno said...

kesian yah para mas2 itu. indonesia ud 63 taon merdeka masih aja buta hurup! hihihi...

astrid savitri said...

persis kayak pengalaman saya wkt naik bis, saya lihat banyak penumpang lelaki yg duduk nyantai sambil ngerokok pdhal sebelahnya ada simbah-simbah penjual sayur dgn bakulnya yg super berat -- berdiri sambil pegangan sandaran bangku, bergoyang-goyang mengikuti irama bis...
dan saya lantas mengerti bhw utk urusan emansipasi dan gender, gak ada negara lain yg menjalankannya sebaik Indonesia :)

Cebong Ipiet said...

huehuehue sering banget mah yg kek gtu.
kalo gw udah biasa bediri sejam. Kesian jugag pas itu ada ibu ibu hamil, kagag ada yg mo bdiri, ywdah degh ebong kasih t4 duduk dan ebong yg gelantungan di bis.
akibat gaung emansipasi kah? hwuhwuwhuw maunya setara ama cowok jadi lo cewek cewek gag usah minta prioritas, siapa cepet dia dapet
bagus juga tuh buk di bahas.

seezqo said...

Sebenernya banyak laki2 yang nggak tegaan liat perempuan apalagi yang tua berdiri sementara dia duduk, makanya untuk menghilangkan rasa bersalahnya dia tidur aja ..... :)

Tapi mas2nya kasian juga tuh, liat mukanya seperti menanggung beban hidup yang teramat berat He he he ...

Lagian Dee kok sempet2nya sih foto2 di kereta :)

bowbee said...

Yah... emang moral di Indonesia belum benar-benar tinggi... MAsih banyak yang memikirkan kepentingan pribadi diatas kepentingan orang...

Eh, emang mas2nya itu terima gitu aja ya difoto gitu?

indo said...

Itu mas2 yang lagi duduk berlagak inocence sewaktu diambil foto ya...hehehe

Anonymoussaid...

wadaw...kasian tuh mas2 yang difoto...bisa terkenal seantero dunia akherat...untung kagak foto yang lagi mangaaaap tuh...haha

gw biasa naek dari rawabuntu, meski masih 'bisa' dapet tempat duduk, dengan catatan kudu punya urat malu gede rebutan sama ibu-ibu...wadaw, sorry la yaw!

oke dee, nice shoot! halah -p

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial