Thursday, August 14, 2008

Anggrek Mama Tanda Cinta

"Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati semuanya indah.."


Gue jadi inget lagu anak-anak berjudul “Kebunku” itu waktu lagi duduk-duduk di teras rumah gue. Di lahan yang seadanya, nyokap bokap gue bikin taman yang penuh bunga warna-warni, selain dedaunan dan rumput hijau segar. Ga cuma mawar dan melati (seperti dalam lirik lagu tadi), di taman rumah, nyokap juga nanam beberapa jenis anggrek, biarpun bukan anggrek mahal nan langka loh..

Warnanya cantik-cantik.. bikin suasana pagi itu terasa ceria. Ada bunga kuning, ungu, putih, perpaduan putih ungu, kombinasi ungu kuning. Teras jadi tempat bersantai yang nyaman sambil minum teh manis anget. Sebagai bonus, setiap pagi banyak kupu-kupu yang mampir ke taman rumah gue. Mungkin karena mereka tertarik juga dengan harumnya bunga-bunga.


Ada yang bilang, ga semua orang bisa merawat tanaman dengan baik. Yang bisa cuma yang tangannya hijau. Itu sih secara kiasan aja. Maksudnya, harus sabar dan telaten ngurus tanamannya, seperti nyokap gue. Rajin nyiramin, kasih pupuk, ngegemburin tanah, atau mangkas daun-daunnya. Dan, pastinya harus sayang juga sama tanaman. Sama seperti manusia dan binatang, tanaman juga bisa ngerasain siapa yang bener-bener sayang sama dia.


Pengen rumahmu dikunjungi kupu-kupu juga..?
Manfaatin sepetak dua petak tanah untuk menanam bunga.. Pilih aja tanaman yang gampang dirawat dan ga cepet mati. Misalnya kaktus mini. Ada jenis kaktus yang bisa berbunga juga kok.. Bunga kaktus biasanya tumbuh tunggal dan berukuran besar. Warnanya juga beragam dan ga kalah cantik dari bunga-bunga lain.

**foto anggrek doc Dee, foto kaktus dari inet..

55 comments:

Republik Gaptek said...

Kebetulan sayah mau ngontrak rumah (ya petak sih) ada niat nanem tanaman gitu..Kalo kaktus nyiramnya sebulan sekali ya ? (ketahuan begonya deh)

Antown said...

iya, kaktus kayaknya emang mudah perawatannya...
tapi hati2 ntar tertusuk durinya :)

utti said...

seger bgd mata ini klu m'mandang anggrek yg sdng b'kembang,tp pelihara anggrek ntu susah bgd,aplg klu ga telaten.
btw dee gw ijin ngelink yeh,hehehehe...

Rezki said...

weeeee.....dirumah anggreknya banyak yah???

kang Iwan said...

Aku pertama lihat kaktus aneh-aneh tuh waktu di kalimantan euy.. ada tang bulet2 kecil.. ada yang berbulu lagi.. baru pertama lihat tuh..hehehe..( ga Gaul nih..)

Rezki said...

weewwh...dirumah punya banyak anggrek yah???

Rezki said...

weeewh,,dirumahnya punya banyak anggrek yah??

Didiet said...

didiet paling gak ngerti yang namanya tanaman ni..dee kok gak ada shoutboxnya siiii

seezqo said...

Pengen banget dong dikunjungi sama kupu2. Kupu2 malem juga boleh :)

Didiet said...

dee ko gak ada sb nya sekarang sii...btw ngomong soal bunga didiet gak ngeh dee

Mike.... said...

dee..waktu KKN dulu tuan rumah tempatku tinggal tuh bisnis tanaman hias..kayaknya dari hobi gtu bs jadi lahan duit ya..he.he..

oping said...

hehehe... iya oping ngilang bentar lg bantu2 ibu dosen mbak dee. blum lg nyari bahan buat proposal tesis. mana deadline 3 minggu lagi.. pusing pusing pusing...

eh, anggreknya bagus tuh yg putih... anggrek emang ga ada matinya ya. dr dulu slalu megang. rumah oping jg banyak pohonnya. mamah suka miara kembang juga. mpe ky hutan tu halaman... hehehe

indo said...

Sama dunk, nyokap gue juga pecinta bunga tuh...hehehe

Happy wikend Non :)

astrid savitri said...

wah, dee... kamu barangkali lupa bhw ada lagu anak-anak yg judulnya "bunga anggrek", hehe..tp sy tahu banget bhw bunga anggrek termasuk bunga yg agak rewel, nah itu berarti mama kamu orangnya hebat krn bisa merawat anggrek dan tanaman lainnya dgn baik, buktinya kebunnya indah banget...
jadi ngiri, soalnya utk sekarang - meski suka tanaman - saya gak bisa punya bunga-bungan tanpa dipetiki kedua anak saya, hiks!

budiernanto said...

saya punya banyak anggrek ga berbunga, dan males punya kaktus, tajem sih..

Frenavit Putra said...

Wah..wah..beda banget nech sama taman yang ada di depan rumah....bener-bener suiiiip n mantab

Ivana said...

wah, sayang sekali saya bukan penanam yang bai...mohon petunjuknya...

rezKY p-RA-tama said...

wew,,mbak infonya ttg ogre ma elf udah q update

Puput said...

dirumah ku juga banyak dee
ada mawar, melati, angrek, sepatu, kaktus, dll deh

sama kadang ada sedap malam, tapi sekarang gk tau kmn, nyokap yg ngurus aku cuma sembari lewat n liat kekekkek

mahardika said...

Waahhh... saya suka banget dengan bunga. Terlebih Adenium, saya uda punya 24 jenis bunga adenium.. Cantiiiiikk..

cahpesisiran said...

iya, bunga bisa bikin suasana rumah jadi seger ya.. punya koleksi anggrek kantung semar ga? kl punya mau dunk.. :)
eh iya, kalau kaktus jangan terlalu rajin disiramin lho.. kalo keseringan malah busuk.

Bani "BBoy Kodok" said...

wah kaktus, dulu banyak banged tuh di depan rumah,,, tapi pada patah gara-gara sering kena boLa... (maklum dirumah banyak laki-laki nya)

he,he,
kaLo anggrek sih kesukaan Bundaku dari duLu,,,

Xnu_G said...

hahaha... gak tau knapa abis ngebeca jadi inget orang pelihara blog. Biar blognya indah dan banyak dikunjungi maka harus rajin-rajin nyiramin, kasih pupuk, ngegemburin tanah, atau mangkas daun-daunnya. Dan tak lupa harus rajin blogwalking... hehehe piss

Caroline Sutrisno said...

telaten banget mama dan papa lo, dee.
setau gw ngerawat anggrek itu susah2 gampang loh. ga semua orang bisa. apalagi sampe berbunga gitu. dulu kakak gw juga nanem anggrek. doi emg seneng gardening, tapi anggreknya cuma daon mulu ga berbunga. hihihi.

Mukhtarom Ali said...

alhamdulillah... semakin banyak kesadaran dr warga Indonesia untuk menjaga lingkungannya..
Bunga jg seperti kita, seperti binatang. dia juga punya mata hati. Coba kalo kita rawat dgn baek dgn kasih syg, maka dia akan tumbuh dengan baik juga. Coba jg kalo cuma kita siram , pupuk doang tanpa pernah sebentar saja memperhatikan keindahan bunganya atu daunnya yg indah...mk dia akan ngambek.
Setiap kali mudik, yg selalu aku liat adalah koleksi anggrek.. syg, karena jarang mudik dan kesibukan org di rumah. Tinggal anggrek bulan Putih ama Vanda Ungu yg ada Dee...

Tgl 20-26 agustus, Radar Malang bekerjasama dgn Pemkot Batu, menggelar acara Agritech 2008. Bursa tanaman hias, sapi, kelinci serta ternak lain. Juga diselingi Klinik tanya jawab dan pengembangan bersama untuk kemajuan pertanian, khususnya di kota Apel, Batu...
Doain ya Dhe acaranya sukses...

Juminten said...

wah, persis spt mamaku!
mamaku sayang bgt sama taneman2nya, bahkan kayaknya lbh sayang taneman dr pd suaminya sendiri.
soalnya papaku kadang suka disuruh siram bunga jg. hihihi...
eh, tp kayaknya mamaku ga terlalu suka nanem anggrek, deh...

krissaid...

ada anggrek bulan nggak?

tyka said...

saya sih sukanya kamboja. yg kayak biasa ditanam pohonnya di pemakaman itu loh. hihihi...

Benazio R.P said...

waaa dulu punya banyak banget anggrek and kaktus .. tapi sepertinya ga ada yang tahan dipelihara aeuaheuha

raie said...

usulan diterima. nanti daku bikin ah, ketika sudah beli rumah sendiri... :D

bowbee said...

Foto kupu-kupu yang mampir bisa difoto juga ga?

Disini jarang liat kupu-kupu yang mampir ke taman soalnya... :)

nita said...

anggrek emang cantik. paling suka yg wanginya kayak permen (lupa namanya). dulu aku juga koleksi kaktus tapi gak tau kenapa sulit banget berbunga gak spt kaktus temen2ku

Kristina Dian Safitry said...

aku jug asuka bunga lho. apalagi angreek..ug,,sueneng banget. mga2 dee ngasih bunga buat aku deh,he..he...

Fahmi FR said...

sama euy... emak dan babehku juga sedang mulai menghiasi sepetak halaman rumahnya dgn bebungaan. tapi, ga tau tuh mereka asal tanem-tanem aja dan ga jelas bunga apa aja. yg pasti sih mereka berdua merasa senang aja gtu.

dipoetraz said...

biasanya sih tangan wanita yang tangan hijau... :D

dee said...

to all:
temen-temen, makasih ya dah komen en ksh saran.. slama long weekend, saya ga sempet blogwalking. inet di rumah blom dibayar wekekeke..

Tiar Bukan Bloggersaid...

"Sama seperti manusia dan binatang, tanaman juga bisa ngerasain siapa yang bener-bener sayang sama dia."
Wah, kalo gitu tiar kalah dong ya sama tanaman? ^_^;

kRucIaL said...

aku juga manfaatin balkon rumahku bwat bikin taman kecil, tapi yah ga serapi tamannya kak dee...
>,<
mayan bantu2 penghijauan... hehehehe...

utti said...

@dee : ketawa dl gw,huahaha sm euy inet d rmh jg blm d byr,xixixi

nindya said...

aku jg suka anggrek... tp masih lebih suka kembang ilalang hehehe....

extranyos said...

rumahnya gede yak? kaya anjungan rumah tradisional di taman minih...

Mike.... said...

halah..lom bayar internet?weekkekee...cepet dilunasin ya dee..biar bs blogwalking lg..

Xnu_G said...

waduh saking sibuknya ngurus taman jadi lupa bayar inet.
*kaboerr... sebelum digebuk

rezKY p-RA-tama said...

banyak bunga,,,,
bagus buat kesehatan dan hobi tuh!,,hehe

dee said...

to tiar bukan blogger:
klo gitu, belajar sm tanaman dong tiar hehehe..

to krucial:
sekecil apa pun lahan yg ada, lebih baik buat nanam bunga atw tanaman lain. selain buat penghijauan, bs buat refreshing juga..

to utti:
toss..!!! :D

to nindya:
suka bunga liar ya mba.. klo aku suka tanaman putri malu..

to extranyos:
rumah gue sih ga gede nyos.. cm keliatan gede klo di foto..

to mike:
biasanya blogwalking dr ktr kok mike..
klo weekend, baru kdg ol dr rumah..

to Xnu_G:
skrg dah dibayar kok hehehe..
nyokap gue emang sering lupa hihihi..

to rezKy PraTama:
skaligus utk refreshing mata juga ky..

hari Lazuardi said...

Selamat menikmati keindahan warna-warni bunga di pagi hari, karena pada saat itu kesegaran dan keceriaan baru saja beranjak menebar ke seluruh alam semesta…

eivengusky said...

saya termasuk salah satu pengagum anggrek.. ada beberapa macam anggrek di pekarangan rumah..dulu waktu masih ada mama anggrek2 itu diperlakukan sangat istimewa..memang indah dee..sangat indah bila memandang bunga anggrek yang sedang berkembang apalagi klo memandang dee lebih indah lagi deh kayaknya.he..he..he.. *ditimpuk dee..kabuuurrr*:D

btw nanti mau main2 ah kesana..jangan lupa sediain masakan mama ya sekalian liat koleksi anggreknya :)

Armanks said...

hmm....bunganya kren2 tuuh....bisa buat bersihin mata yng udah ktor kseringan liat yng aneh2....wkwkwk.....

Ivana said...

hayooo...
inet di rumahnya sudah dibayar belon?
mana postingan barunyaaaa?
(kok jadi kayak hantu,ya?hihihi)

Mike.... said...

syukurlah dah dilunasin..skrg giliran gw mo bayar speedy jugak..wekekeke..ayo posting baru dee..

Faridsaid...

Wah dikantor ku juga ada hiasan bunga anggreknya, kebetulan salah satunya tepat di belakang ku.. setelah aku pikir2 emang berguna juga buat obat stress..

Eddy J.harto said...

posting mulu, hingga lupa inet nya dah ngelebihi quota.. heheheheh (tp km blogger yg aktif banget ya.. saluut buat kamu)

Elsa said...

cewek mana yang gak suka bunga??
hayooo... kayaknya gak ada ya?

apalagi kalo dikasi... iya kan...

papapam traffic said...

semua cewek pasti suka bunga, pokoknya jangan bunga bangkai aja ya!

brainwashed said...

test.. ehmm..ehmm.. bunga anggrek.. ada lagunya tuh, ismail marzuki, klo versi londo nya "Als de orchideen bloeien"

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial