Sunday, August 24, 2008

Upacara Adat Mappaci dan Baju Bodo

Sodara gue yang ketemu jodohnya di umur 35 taun akhirnya nikah juga. Namanya Tenri Sa’na, tapi gue biasa manggil dia Kak Oceng. Calon suaminya—yang sekarang udah sah jadi suami—lebih muda 5 taun. Lumayan jauh juga ya beda umurnya. Tapi, sekarang, orang sepertinya udah lebih open minded.. Ga masalahin lagi kalo cewe yang lebih tua punya pasangan cowo yang lebih muda. Yang penting mereka bisa nerima kekurangan masing-masing, saling menghargai, saling mengisi, insya Allah..

Malam sebelum akad (Sabtu), calon pengantin wanita ngikutin upacara adat mappaci. Ini rangkaian perayaan pernikahan Bugis Makassar. Mappaci identik dengan penggunaan simbol-simbol yang penuh makna, yaitu menjaga keutuhan dan memelihara kasih sayang dalam rumah tangga. Akar kata “mapacci” berasal dari kata “pacci”, daun yang dihaluskan untuk menghias kuku. Tangan Kak Oceng dihias pake daun pacar, mirip lukisan henna di tangan pengantin wanita India.


Bunyi "mappaci" juga mirip kata “paccing” yang artinya bersih dan suci. Jadi, mappaci melambangkan kesucian hati calon pengantin dalam menghadapi hari esok, meninggalkan masa gadis, en berumah tangga. Waktu mappaci, Kak Oceng dan keluarganya beserta para tamu juga berdoa, semoga akad dan resepsi berjalan lancar. Setelah sah jadi suami istri, bisa membina rumah tangga yang harmonis. Amin..amin.. amin..

Hari minggu, jam 8 pagi, akad dimulai. Setelah itu, sarapan bareng makan lontong sayur plus opor ayam. Hmmm...ini dia yang ditunggu-tunggu. Coz, gue en sodara-sodara gue yang jadi penerima tamu ga sempet makan pagi, minum air putih pun engga. Pastinya, perut udah krucuuk-krucuuuk minta diisi sama makanan yang enak-enak. Hehehe.. Setelah nafsu makan terpuaskan, geng penerima tamu bisa duduk tenang di kursinya, ga blingsatan lagi.

Hari itu, gue juga berkesempatan pake BAJU BODO (bukan "baju bego" yah). Warnanya ngejreng-ngejreng, ada ijo (yang gue pake), kuning, ungu, en merah. Baju bodonya didesain sendiri sama sodara sepupu gue dan dia juga yang ngerangkai manik-maniknya (paling lama 2 bulan). Bentuknya udah dimodifikasi, jadi udah ga lebaaaar banget kaya baju bodo klasik. Pake baju bodo bermanik-manik ga perlu dilengkapi banyak perhiasan lagi karna ornamennya udah rame. Cukup pake cincin atau anting-anting yang simple.



*foto doc Dee..

36 comments:

Jenny Oetomo said...

Memang indonesia kaya akan budaya dan sangat eksotik, serasi kali pakai baju bodo, salam

brainwashed said...

liat foto2nya dee pake baju bodo, gw jd speechless.. :D

Mike.... said...

yuhuu..cakep dee...kerenn..
slamat yah buat sodaramu..duh..aq blogwalking akhir2 ini nemu postingan nikahan..bkin kebelet aje..he..he..suer gw dah kpengen nikah..:D

dee said...

to jenny oetomo:
salam juga buat jenny.. keragaman budaya itu justru mesti kita lestarikan. Aku seneng pake baju daerah, ga cuma kebaya..

to brainwashed:
speechless coz warna baju bodonya gonjreng bgt ya pak..? :D

to mike:
wih kebelet beneran ya mike..
aku doain km cepet nyusul nikah yaaa..

Rezki said...

egh...saia ngeri ndiri liat poto tangannya

Caroline Sutrisno said...

waaa... pengen juga tangannya digambarin keik gitu. bagus... :P
enak dong yah pesta kawinannya pake baju bodo jadi ga ribet keik klo pake kebaya...
warna baju bodonya matching sama warna kulitmu yang putih loh... kewll!!

dee said...

to rezki:
ehhhh jangan kelamaan liatinnya dong ki..

oping said...

biar kata oping bukan wanita makasar ato india... obsesi oping adalah pas nikahan pin di gambar2 jg tangan nya... kan lucuuuuu... very artistic. hehehe... dee cantiknya dirimu pake baju bodo..

Tiar Bukan Blogger said...

satu kata deh buat yg make baju bego ijo: Be-A-U-tiful!

cahpesisiran said...

Eh ternyata di Bugis ada juga semacam tato di tangan dan kuku waktu mo nikah ya.. kirain yang ada cuman di india doank. ternyata Indonesia kaya ya..
btw bener, dee cakep pake baju bodo warna ijo itu..

Antown said...

Weh Dee jadi cantik pake baju gitu. Ada rencana sama orang makassar juga Dee? :)

nita said...

duuh baju bodo-nya cakep banget...mauu duuunk. dr dulu aku penggemar baju bodo. bajunya cocok buat kamu, tambah cantik. cari jodoh makasaar juga dee, biar ntar kalo married pake baju keren itu...he3x

brainwashed said...

bukan.. bukan karena warnanya.
lo anggun banget. :D

n t a nsaid...

aih aih... anak dara, ma'baju bodo. gammara' na!
(artinya : aih aih... anak gadis, pake' baju bodo. cantiknya!) :D
dee, bener-bener jadi orang makassar oi
^^

baju bodo emang warnanya ngejreng2
mungkin karena digunakan pada acara-acara bersukaria

dee said...

to caroline sutrisno:
iya mba pake baju bodo simple bgt. kmrn aku bs pake sendiri..

to oping:
kmrn aku minta tanganku dilukis juga ping.. tp ga sempet :( pdhl pengen bgt..

to tiar bukan blogger:
makasih yaa..

to cahpesisiran:
aku juga baru tau.. abs br skali ini ada sodara nikah dengan adat bugis makassar..

to antown:
wah sy sih blom ada rencana apa2, town..

to nita:
iya mba aku juga suka baju bodo, tp yang udah dimodifikasi kaya yg aku pake itu..

to brainwashed:
aih.. makasih juga..

to ntan:
iya ntan.. jarang bgt liat org pake baju bodo warna item.. :)

utti said...

sayah inget agustusan kemaren pake baju bodo :D
itu d pakein pacar brp lama? bagus euy kyk orng india..

dee said...

to utti:
agustusan ikut karnaval pake baju daerah ya ti.. aaah jd inget waktu TK n SD.. dilukisnya sebentar, ga sampe 15 menit trus dikeringin dl pacarnya 1 jam, baru bs cuci tangan..

Ivana said...

selamat yah,buat sodaranya..
turut berbahagia ni...
foto-fotonya keren.
pengen juga ni,ke pesta yang pake baju daerah tapi di manado sini sudah jarang...

hari Lazuardi said...

Waduh, warna baju bodonya yang hijau itu bener-bener sejuk di mata, bikin yang memakainya tambah cihuy aja… :)

dee said...

to ivana:
jd klo nikahan di manado pake gaun ya ivana? atw kebaya..?

to hari lazuardi:
untung sy ga dikatain kaya ulet daun gara2 pake baju ijo, hehehee..

ninasaid...

Dee kayak habis disunat pake sarung hehehe.. Aku juga suka warna ijo...

dhie said...

pic yang du terbawah keren banget.

Jadi besok2 kalo nikahan mo pakai Baju Bodo ya?

dee said...

to nina:
wakakaka ada2 aja.. tp klo diperhatiin mirip juga sm org abs sunat :D

to dhie:
makasih mas dhie..
blom ada rencana nikah pake baju apa :P

syamsoe said...

duh.. jadi ingat tangan aisha di ayat-ayat cinta.....

seezqo said...

Iya betul Dee tambah cantik pake baju itu :)
Baju bodo dah di paten blom yah? soalnya kain songket kan dah di paten negri tetangga, batik juga dah diakui sbg tradisi negri sebelah. Bahkan ada 1500 hasil karya seni Bali yg dah dimodif dikit dah di paten sama warga Amerika.

Yah walau kebudayaan emang nggak ada yang punya sih :)

extranyos said...

kayanya lebih niat yg jadi penerima tamunya dey xixixi...

dee said...

to syamsoe:
oia, tangannya aisha dihias juga ya.. sy malah ga ngeh loh..

to seezqo:
O..ooo.. jangan sampe baju bodo diaku-aku jadi salah satu pakaian adat negeri tetangga hiks2x..

to extranyos:
hahaha.. penerima tamunya narsis berat sih nyos..

novee said...

wedew.. cakep neh yg baju ijo..
bole tuh kapan2 minjem bajunya buat contoh..
*bole ga ya..*

raie said...

lho, mbak dee punya asal usul dari makassar toh ternyata.. satu pulau dong kita :D

Yqsaid...

Km Cantik Ya....

dee said...

to novee:
bajunya bukan punyaku nov.. tp klo mo pinjem atw sewa, hub aja sodaraku.. nnt aku kasih no HP-nya..

to raie:
klo km asalnya dr mana? jangan jawab indonesia yaa.. hehehe..

to yq:
makasih.. makasih.. *blushing :)

raie said...

sepulau kok kita, dari propinsi yang pecahan sulawesi utara : Gorontalo. hehehe
tapi banyak saudara daku nyasar ke selatan juga. pada belajar di Unhas, trus netep dan kawin disana deh

Ati said...

duh itu potonya oceng yah, udah lama gk ketemu sahabat gw dari smp, salam yah ma oceng. Duh no hp nya ilang lagi...

Anonymoussaid...

hehehe... boleh malaysia klaim budaya ini? boleh?

Anonymoussaid...

ko gue sich.ngakunya org bugis.
sejak kapan orang bugis pakai gue.
he he he.
cinta dong dengan bahasa daerahnya.

ashila said...

artikelnya menarik! :D

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial