Monday, July 14, 2008

Tingkah Polah Si Kecil

Sabtu kemaren gue arisan sama temen-temen kantor yang mayoritas ibu-ibu. Ada yang lagi hamil tua, ada juga yang ngajak anak-anaknya (dan suami). Kebetulan si empunya rumah juga punya balita yang berumur dua taunan. Hari itu, banyak anak yang ngumpul, mulai dari bayi usia tiga bulan sampai yang tertua balita umur tiga taun, dengan tingkah polah yang lucu-lucu.

Ade bayi pasti jadi pusat perhatian. Pipinya gembul dan badannya endut. Bener-bener ngegemesin. Apalagi, dia ga rewel, biarpun cuaca agak gerah pluz banyak orang yang lagi berhaha-hihi. Si bayi baru nangis waktu dia haus, yang artinya pengen “nenen” mamanya. Setelah kenyang, dia ketawa-ketawa lagi waktu diajak becanda dan dikelitikin perutnya.

Sementara, kelakuan balita lebih beragam. Najla (3 tahun), misalnya. Sepertinya dia lagi dalam masa “caper” karena baru punya adik. Najla pengen ikut-ikutan adeknya pipis di celana, padahal kata mamanya Najla, dia sebenernya udah bisa pipis di kamar mandi. Hehehe, ada-ada aja kan caranya biar diperhatiin mama papanya.

Kalo Vega (2 taun lebih) beda lagi. Awalnya dia ga mau masuk rumah, ga mau lepas dari gendongan papanya. Akhirnya, dia mau masuk juga setelah diiming-imingi mainan lokomotif Thomas. Abis itu, dia asyik main sendiri sambil tengkurep. Setelah bosen, dia pengen minum es buah. Tau aja Vega kalo panas-panas enaknya minum es buah, hehe.. Karena blom bisa nyendok dengan benar, es buahnya tumpah-tumpah deh ke bajunya sendiri, baju mamanya dan karpet.

Yang paling heboh adalah polahnya Zahra. Dia kaget karena terbangun dari tidurnya. Dan, pas bangun, dia sadar kalo rumahnya rame dan banyak orang ga dikenal. Karena ngantuk, dia jadi rewel. Nangis meraung-raung dan berontak waktu digendong neneknya. Mama dan neneknya ajak dia jalan-jalan biar tenang dulu dan bisa beradaptasi dengan suasana rumahnya siang itu. Setelah tenang, dia main deh sama anak-anak yang lain.

Mungkin ini ya yang disebut TANTRUM atau luapan emosi anak yang meledak-ledak dan ga terkontrol. Tantrum biasanya muncul pada anak usia 15 bulan sampe 6 taun. Dan, wujudnya berbeda dalam setiap rentang usia. Di bawah tiga taun ditunjukin dengan menangis, menjerit, menendang, melempar barang, atw gulung-gulung di lantai. Pluz, merengek, mengejek (misalnya, Mama pelit weeekkk!!!), menghentak-hentakkan haki, dan membanting pintu pada anak usia tiga taun sampe 5 taun.

Pada usia 5 taun ke atas, tantrum makin parah. Selain perilaku-perilaku tadi, mereka juga memaki, memukul kakak atau ade atau temennya, mengkritik diri sendiri, merusak barang dengan sengaja, dan mengancam. Kalo anak lagi bertingkah “menyebalkan” kaya gitu, justru orang tua ga boleh membentak atau memukul mereka loh. Coz, kalo itu dilakuin, anak akan makin agresif. Tapi, berikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan perasaannya, entah itu marah, kesal, sedih, atw sakit. Kasih juga pengertian sama mereka kalo tindakan itu ga baik. Praktisnya, nonton aja deh Nanny 911 tiap Sabtu di Metrotv.. Cheers..


*foto doc Dee.. (dari atas ke bawah: Valent, Najla, Vega, Zahra, dan Chacha)

34 comments:

Mike.... said...

wow..sejak kapan jd pemerhati anak,dee..
he..he..
tp informatif jg nih..aq jd tau apa itu tantrum..

nita said...

fotonya lucu2...menghadapi anak kecil kayaknya emang perlu trik tersendiri ya. salah2 malah tantrum kebawa sampai gede. aku bbrp kali liat orang dewasa yg kalo ngamuk spt anak kecil, katanya dr kecil udah begitu dan gak diarahkan ortu-nya.

bbrp kali menghadapi anak kecil spt itu aku sih nyerah...ditendangin sama dipukulin. pernah malah aku diludahin sama anak sodara pdhal aku lagi duduk tenang2 di sofa. aku malah jadi takut sendiri...hahahah. gak tau cara menghadapinya gimana. kalo ada begitu memang enaknya manggil nanny 911:)

Tony said...

jadi kepingin nih punya momongan..tapi kapan ya merit aja belum :D

Benazio R.P said...

pertamax hahaa ..

wahaha lucu lucu amat wah temen2nya udah gaul gaul ya udah pada punya anak haha, hebat arisan lagi tetep dehh ibu ibu mah arisan muluu hahaaa

proletarman said...

suka ama nany 911 juga yah?? Ternyata yang salah itu keseringan orang tua. Anak emang tukang contek aja..
anak2 emang ngegemesiiiinnn...
salam

extranyos said...

maaf dee, tapi saya kurang setuju kalo disebutkan TANTRUM muncul pada anak usia 15 bulan sampe 6 taun, yang umur di atas dua puluhan, bahkan hampir kepala 3 juga ada ko' saya kenal 2 makhluknya... mmmm...... sebut, engga, sebu, engg, seb, eng, se, en, s, e ....

Antown said...

pertamax dulu ah!!...

pengumuman antownholicontest#3 ada di blog saya.

Plese check this out

Antown said...

Kalo ada foto Zahra mungkin lebih asyik Dee, Foto dia yang lagi meraung-raung dengan ekspresi alamiahnya.
Sepertinya kamu bakat jadi pengarah gaya Dee, itu buktinya si Chacha bisa berpose dengan baik. tapi sayang kamu ambil gambarnya horisontal ya? Kalo vertikal sepertinya lebih mantap.
Btw, Tantrum itu batasan usianya sampai berapa? saya kok baru denger nih. Makasih, makasih, tulisan ini bagus. Tantrum beda dengan Tantra?

raie said...

hehehe, waktu libur beberapa kali nonton reality show itu... tapi ya ampun, anak2 di acara itu badungnya minta ampuuuun...
tapi perasaan daku waktu umur segitu gak senakal itu deh, soalnya takut sama bokap. huhuhu

dee said...

to mike:
saya jd pemerhati anak setelah punya ade, mike.. ade saya ada 4 gitu.. jd mesti perhatiin juga kelakuan mereka.

to nita:
mungkin anak yg badung gitu krn dari kecil keinginannya slalu diturutin org tuanya. jadinya dia egois, ga bisa berbagi, dan kadang juga ga bs bersikap sopan.. sayang skali ya..

to tony:
ayo pak cepet2 married, biar cepet juga punya momongan. tapi mengasuh anak tu gampang2 susah loh.. beda sama pelihara kura2 hehe..

to benazio:
yup, gaul2 banget deh ben.. gue sih seneng bisa ikut main en perhatiin tingkah anak2 mereka yang lucu2..

to proletarman:
anak-anak emang cepet menyerap segala sesuatu dr lingkungannya, seperti ucapan atw tindakan. jd, orang tua jg harus bs ngontrol anaknya, pak..

to extranyos:
kalo org dewasa yg suka bertingkah kaya anak kecil, mungkin (seperti kata mba nita) itu krn waktu kecil ortunya ga bs mengarahkan dia dengan baik, nyos. jd kebawa deh sampe tua..

to antown:
dah ada tuh foto zahra town.. tp ga ada yang pas dia nangis. mana tega saya sibuk motret2 anak yang lagi kaget.

to raie:
kalo sy nntn nanny 911, kadang cm bs bilang astagfirullah haladzim.. karena, banyak yang liar dan agresif. kalo dah gitu, segera telp nanny 911 :p

brainwashed said...

yup..ngasuh anak susah-susah gampang, musti extra sabar, extra telaten, extra perhatian, tp bukan (extranyos), mengerti batasan-batasan yg boleh, harus, dan tidak boleh. mengerti psikologi anak.

tantrum, salah satu penyebabnya mungkin karena keterbatasan komunikasi. si anak ingin menyampaikan suatu keinginan yg ortu nya sendiri ga bisa menangkap itu, sehingga si anak mengalami frustrasi dan diungkapkan dgn tantrum. tantrum jg bisa diredam kq! :p

klo gw sendiri, berusaha menghindari penggunaan kata "JANGAN" ketika melarang anak kecil, krn bagi gw, kata JANGAN untuk anak kecil bagaikan pedang bermata dua. satu sisi bisa mematikan daya kreatifitas anak, dan satunya lagi malah memancing keingintahuan anak thd hal yg kita larang td. Berikan alasan/pengertian yg logis ke anak ttg apa yg dilarang, apa yg boleh, dan apa yg harus dilakukan.

Jangan pernah memukul anak, didik dgn cara pait madu. anak usia dini bagaikan selembar kertas putih polos, dan lingkungan (termasuk ortu) yang akan memberi warna, goresan, torehan, skets, dan tulisan pada kertas putih polos td.

al-Muzzammil said...

halo dee
aku juga menyenangi anak-anak (dalam banyak arti ;b )
saat ini memang tidak bisa komen di blogku. lantaran lay-outnya mengharuskan begitu. rencana mo ganti lay-out tapi belum ada waktu. oke, good luck with the kids.

al-Muzzammil said...

halo dee
aku juga menyenangi anak-anak (dalam banyak arti ;b )
saat ini memang tidak bisa komen di blogku. lantaran lay-outnya mengharuskan begitu. rencana mo ganti lay-out tapi belum ada waktu. oke, good luck with the kids.

dee said...

to brainwashed:
senengnya bs sharing sama pak guru.. :D

to al-Muzzammil:
kalo blognya udah beres, sy berkunjung ya..

masenchipz said...

ehm..ehm.... dah cocok jadi ibu nih.... hiks...hiks...

ikasaid...

vega bukan 2 tahun lebih bu. tapi 2 tahun kurang. dia kan ultah di bulan Agustus. gimana sih lu, dimarahin emaknya lohhhh

masenchipz said...

ngomong2 kok banner gw lenyap ya... ngumpet dimana ya... caria ahhh.... wah gak ada... waduh kejamnya dikau anak muda......wekekekeke

dee said...

to masenchipz:
iya neh.. sy pengen jd ibu.. hehe

to ika:
duh maap ya..
untung dikoreksi ika. yg bener, vega umur 2 tahun kurang hehehe.. maap juga ya emaknya vega..

tandodol said...

lah?nanny 911 bukannya hari minggu jam 4 di metrotv?
mungkin antv baru beli dari metrotivi kaliyah

oping said...

suka tiba2 jd pin punya anak. tp klo nonton nanny 911 jd serem ma anak kecil hihihihi...

opingsaid...

anyway dee kponakan oping kesian deh ma pembantu nya gak diurusin. papa-mamanya kerja. kaka oping jd trauma aja. skrng lg rutin ke psikolog anak gr2 nya umur 5 taun blum bisa ngomong lancar. hik...

didi said...

bagus banget dee, sharing posting yg ini. terasa lengkap deh ditambah komen rekan yg laen ...

suka baca ilustrasi prilaku mereka, thx

astrid savitri said...

Yup! anak-anak memang mengubah segalanya namun dalam artian yg lebih baik. Dan, dee..sy rasa di masa depan kamu akan jadi ibu yg hebat!

indo said...

Lucu-lucu banget....kirimin satu dunk....:)

dee said...

to tandodol:
thx koreksinya tando.. nanny 911 emang ditayangkan di metrotv setiap sabtu sore..

to oping:
asuhan dan didikan org tua menurutku yg paling baik utk anak kecil, ping..karena, pembantu kan jarang yang ngerti psikologi en karakter si anak..

to didi:
saya sih sering perhatiin tingkah anak2, di.. abs lucu2 en satu sama lain karakternya beda2.. pertamanya aku liat dari ade2ku sendiri..

to astrid savitri:
makasih ya mba astrid.. smg nantinya sy bisa jd ibu yg baik.. :) doain juga yah..

to indo:
kirimin fotonya atw anaknya? kalo anaknya. pasti si ibu nangis2 deh hehe..

Eucalyptussaid...

He he he, emang tingkah laku anak2 menggemaskan kalau lagi lucu, tapi kalau lagi rewel kadangkala bikin ortu jadi gak sabar..
Wah, iya tuh masalah tantrum saya juga pernah baca, kalau tingkatannya udah parah serem ya ngeliat perilaku anak2 seperti yang ditayangkan di Nanny....
Alhamdulillah deh anak2 saya gak ada yang suka ngamuk2 gak karuan, klo ngambek2 aja wajarlah...

ninasaid...

Arisan ato playgroup Dee.. gak ngajak2 nihh

precious gift said...

setuju... anak yang lagi ngambek ga boleh ditaboks... mereka cuma pengen ngungkapin perasaan aja tapi lom tau gimana. jadi ortu perlu ngarahin aja klo ngungkapin perasaan marah ato jengkel itu sebaiknya gimana.

lay out barunya bagus nihh...

defalogy said...

wah udah kepengen nih dee...??
kalau tristan masa rebel nya malah baru-baru ini, kalau dulu masih nurut banget ,(mungkin kalau dulu masih kecil nggak ngerti, jadi gampang dialihkan alias ditipu ama maknya..)

Don Danang said...

Koq tiba2 gue jadi Phedophil??

hahah

Juminten said...

hahaha... aku jg punya adik yg msh kecil.
beda 14 tahun dgnku.
iya, tingkah polahnya emang unik2. :P
kadang udh berasa jd emak-nya aja. :D
btw, aku jg suka nonton Nanny 911, loh.
cuma aku lihat di forum, katanya ada yg bilang itu skenario. :(
tp ga tau deh bener atau ga.

Mike.... said...

ada 4 adek?waahh...kk na pasti repot..hi..hi..

Shireishou said...

Wehehehehe imutnya. wecs.. beneran ad tuh namanya Vega? Itu nama Character yg aku buat untuk komikku loh. weheheh kirain nama langka. ternyata di Indo ada. Senangnyaaaa

Foto2nya lucu2. dan emank anak segitu sih lucu tp bandel2. wehehe

dee said...

to eucalyptus:
alhamdulillah ya mba.. aku sebenernya sering bingung ngadepin anak yg lg rewel.. apalagi kalo yg dah diajak ngomong, dibujuk dan digendong..

to nina:
arisan smbl ngasuh anak mba heheee..
maap ya mba bukannya ga mau ajak2 arisan.. tp aku aja cm diajak :p

to precious gift:
drpd nabok anak, aku mending ninggalin dia dl mba.. sampe dia tenang.. aku ksh waktu 5 menit hehe..

to defalogy:
anak2 kan tambah pinter mba..
umur 2 taun aja dia dah susah ditipu lagi :D

to don danang:
weks.. jangan cari pacar baru yg masih SD ya don danang hahahaaaa..

to juminten:
aku beda 11 taun sm ade bungsuku nil.. btw, skrg ademu itu msh SD yah? waktu dia kecil, org sering nyangka dia anakku. kalo ke mal smbl gendong adeku yg wkt itu msh bayi, sering diliatin org :p

to mike:
pas kecil emang repot, mike.. tp pas dah pd gede, enak.. bs tuker2an baju :D

to shireishou:
iya, aku jg sering denger nama vega di manga atw anime jepang. pinter jg temenku itu pilih nama anaknya yg unik en ga pasaran, shirei..

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial