Wednesday, July 9, 2008

Makanan Kadaluarsa Masih Banyak Beredar

Tadi pagi pas berangkat kerja, gue mampir dulu ke warung pinggir jalan untuk beli biskuit, soalnya ga sempet sarapan di rumah. Kebiasaan gue, sebelum makan apa pun dalam kemasan, gue cari dulu expired date-nya. Untung gue periksa, coz biskuit tadi ternyata dah kadaluarsa. Tertera, exp. 11 Mei 2008. Salahnya, gue nge-cek-nya ga di depan warung, tapi pas lanjutin perjalanan. Kalo ngeh dari tadi, tu biskuit bakal gue balikin ke penjualnya.

Pengalaman itu bikin gue inget berita yang beberapa hari lalu gue tonton. Di suatu daerah, ada pasar tradisional yang ngejual makanan kemasan kadaluarsa, seperti snack, sosis, roti, dan susu kental manis. Apakah konsumen tau kalo itu makanan kadaluarsa? Yang mengejutkan, mereka TAU loh. Trus, kenapa mereka mau beli? Karena, harganya jauh lebih murah. Seorang ibu berkomentar kalo dia dan anak-anaknya ga pernah sakit perut mengonsumsi makanan kadaluarsa biarpun expired date-nya udah lewat berbulan-bulan.



Ironisnya, seperti yang gue baca di http://www.apindonesia.com/, balita gizi buruk di Surabaya justru dikasih bantuan makanan kadaluarsa dari Dinas Kesehatan Pemkot Surabaya. Astaga.. nagaaa... coba diulang.. Dinas kesehatan kasih makanan kadaluarsa!! Aib banget tuh. Di mana letak hati mereka.. Anak kurus kering kurang makan berkepala besar malah dikasih MAKANAN KADALUARSA. Tega banget.. Mereka udah lemah, bukannya dikasih makanan sehat, malah dicekokin makanan yang (udah) berbahaya. Apa dinas kesehatan segitu miskinnya?

Sekarang, mereka emang masih sehat walafiat. Tapi, barangkali, dampaknya baru terasa beberapa tahun kemudian. Saat bahan pengawet atau racun dalam makanan kadaluarsa itu mulai menumpuk dalam lambung. Ga cuma mengakibatkan penyakit, mungkin aja si pengonsumsi bisa meninggal. Kalo soal perut, orang bakal ngelakuin segala cara biar “kantong semarnya” terisi, termasuk makan makanan kadaluarsa. Tapi, benarkah pemerintah tinggal diam?

Sebenernya ga juga. Pemerintah udah merilis regulasi yang menyatakan bahwa pedagang diancam 5 taun penjara atw denda Rp2 milyar kalo jual makanan kadaluarsa. Tapi, kalo pelakunya justru pemerintah sendiri, seperti Dinas Kesehatan Pemkot Surabaya itu, apakah mereka juga akan kena sanksi seperti para pedagang?

30 comments:

brainwashed said...

wah untung dee teliti sebelom makan.
enaknya begini, makanan kemasan yg expired date nya tinggal 2 minggu lagi, langsung didiscount aja 80%.. pasti banyak yang buru.. hehe..

hah?!klo gitu dinkes pemkot surabaya dapet julukan baru "SI RAJA TEGA"

Eko Priyanto said...

Pertamax...!! Aku juga heran dee, kok bisa ya makanan kadar luarsa kok masih juga di konsumsi ya? :)

Puput said...

kalo gw curiganya si pemkot korupsi tuh...

dana buat beli makanan sehat di embat trus sisanya dibeliin makanan kadarluarsa di pasar tradisional yang ngejual makanan kemasan kadaluarsa

harusnya mereka kena sangsi korupsi,,,

raie said...

kayak naruto aja suka minum susu basi...
kelamaan shippingnya atau gimana ya itu?

laporan said...

Bangsa ini terasa semakin memprihatinkan

tandodol said...

Yauda mulai sekarang jualan nasi uduk aja yuk!!!

extranyos said...

gw tau, gw tau, yang diurek2 itu mereknya susu bendera hehehe...

ketela said...

harus lebih hati2 kak,

btw kakak juga jangan langsung keki kalo liat makanan atau minuman yang tgl kadalluarsanya cuma 3 hari kedepan, contohnya roti tawar, roti gak tawar atau roti2 lainnya.

karena emang begitu sifatnya

oping said...

wah kynya IE oping eror deh, td sblm di refresh top posting nya masih si tuti dong... hik hik... simply white. tp gad shoutboxnya. smangat dee!!!!

iya oping jg bulan kmaren beli cream soup instan udah kadaluarsa. ga ngecek dulu. parah bgt tu minimarket...

dee said...

to brainwashed:
setuju pak sm ide lo.. sebelom kadaluarsa, makanan didiskon gede2an aja.. itung2 bantu rakyat miskin..

to eko priyanto:
kalo ga punya uang, apa pun bs masuk perut ko..

to puput:
bs jd pemkot surabaya korupsi put.tapi sygnya mrk lolos tuh dr sanksi. gmn sih hukum di negeri ini?

to raie:
naruto mnm susu basi tambah kuat, tapi kalo anak2 yg mnm bisa diare merekaaaa...

to laporan:
sangat memprihatinkan pak..

to tandodol:
jualan nasi uduk harga miring.. boleh juga tuh tando.. km ya yg jualan, hehehe..

to extranyos:
iya nyos, ceritanya kan disensor, xixixixi..

to ketela:
kalo roti basah sih emang expired date-nya cm sebentar. beda sm makanan kering atw kemasan dlm kaleng..

to oping:
lain kali kt harus ati2 ya ping..

hari Lazuardi said...

kembali ke yang alami tanpa pengawet, pewarna dan pestisida...

Antown said...

di tempat2 tertentu, kita kadang gak sempat nge cek tgl kadaluarsa. atau mungkin kita saking buru2nya. Tapi tahu gini, demi kesehatan sepertinya yang rajin belanja musti berhati-hati. bukan begitu dee?


@tandodol: saya pesan nasinya ya? dibungkus aja

christi said...

wah ini udh brapa hari ya, templatenya baru. kmrn aku kesasar dimana sih kok jd ga ktmu blog dee yg br..terkait makanan kadaluarsa (KDL)..info terakhir aku baca ada penampung makanan KDL yg kmudian diolah lagi jadi makanan baru ya..

D i d i said...

bantuan makanan kadaluarsa ? gila tuh yg ngasih.

itu namanya meracuni, bukan membantu ...
kasus serupa emang sering terjadi, apalagi di daerah. kontrol pihak terkait emang masih lemah untuk hal begituan ...

Ivana said...

hohoho....
tentang perilaku pemerintah, apa lagi yang perlu dipertanyakan?
sudah dari sononya mkereka memang ngga bener kerjaannya...
met wiken...

Eucalyptus said...

Huh, emang penjual banayk yang memikirkan keuntungan aja tanpa mikirin keselamatan orang laen. Saya juga pernah beli makanan dalam kemasan yg tanggalnya udah kadaluwarsa... untung kebaca pas di rumah. Pdahal beli di supermarket yg besar... gak jamin ya..

Tony said...

mengerikan ya...kalo gitu sebelum beli musti chek tanggal kadaluarsanya deh

nita said...

aku juga pernah liat kotak keju kraft kadaluarsa penjual roti bakar. waktu ditanya dia bilang 'gak pa2 kok dr dulu juga pakai beginian, lagian harga kejunya jadi lebih murah'...nah lo

seezqo said...

Jangan2 sebenernya makanan kadaluarsa dah bertahun2 beredar, cuma baru di ekspos sekarang aja.
Aku jadi males beli roti bakar warung nih mba Nita :) Tapi kalo mau bikin sendiri males juga.

aprie said...

wah ga bener tuh....
setuju bgt kalo mo belanj harus liat expire date-nya.
jangankan di warung di supermarket aja kadang khawatir..

waspada...

Republik Gaptek said...

Huh parah ya...mau untung gede aja sih

andre said...

hii,ngeri juga y dee..aq mlh merinding klo mau cari makanan instant food..serem juga klo tau2 itu dah kadaluarsa..hehehehe..tq dah mampir ke blog ku

Bambang Rismayanto said...

Yah.. itulah salahsatu dari salah sekian kelemahan bangsa ini... gimana rakyatnya mau sehat pintar dan cerdas, kalo setiap harinya mereka disuguhin makanan yg kadaluarsa.. bener ga de..

eh.. laporin aja tuh ke komite pengawas keselamatan konsumen.. sapa tau mereka mo denger..

proletarman said...

aku pernah kena..
ada roti bagelan yang murah banget..
pertama makan sih ga curiga, setelah diperhatikan kok bentuk rotinya beda2 yah..
kok beberapa bentuk aku kenal rotinya..
langsung curiga jadinya, soalnya roti yang aku makan biasanya kan lebih mahal dari harga roti bagelan itu. Wah baru merasa tertipu..

baru denger itu klo yang ngasi si depkes. Kurang ajar banget..
salam

dee said...

to hari lazuardi:
makan makanan organik aja x ya mas.. tp setau sy, harganya lumayan mahal..

to antown:
betul town, mulai skrg pembeli harus lebih hati2..

to christi:
aku malah baru tau tuh mba.. thx infonya ya

to didi:
kontrol pemerintah emang msh kurang, dan banyak juga yg picik.. ambil keuntungan dr org yg kesusahan..

to ivana:
duh..
sikap kaya gitu mau ga mau mesti ditrima-trimain ya.. uhukkk..!!

to eucalyptus:
bener mba.. kadang penjual jg lalai, js mendingan konsumen yg lebih hati2..

to tony:
ati2 loh ton.. banyak kasus org meninggal krn keracunan makanan/minuman kadaluarsa

to seezqo:
kadang tanpa kita sadari, kita makan makanan yg dah ga sehat (ga fresh). yg artinya racun menumpuk secara perlahan2 dlm lambung..

to aprie:
sip. selalu waspada ya prie..

to republik gaptek:
kalo mau untung harusnya usaha, bukannya nipu en ngerugiin pihak lain..

to andre:
satu2nya cara, ya kita yg harus lebih hati2 en teliti ndre..

to bambang rismayanto:
dilaporkan? sepertinya kasus serupa dah sering dilaporkan mas bambang.. tapi tindakannya "gitu doang"

to proletarman:
hmmmm... kejadiannya hampir sama dengan kasus aspirin kadaluarsa yg dijual di kimia farma wilayah jatim

Mukhtarom Ali said...

saya juga suka beli Biskuit atau Roti dulu sebelum ke kantor untuk sarapan. sering banget ngalamin Rotinya dah Expired..
mending masak sendiri aja deh, atu beli ditempat yang udah jadi langganan kita.

Nitip to Antown:
wah dasar eks mahasiswa Unmer Malang, sukanya nitip...

Jangan mau Dee... ntar ujung2nya ngutang tuh..hehehe..

Antown, gak kangen "lalapan jalan mega mendung tah???"

Antown said...

@MUKHTAROM ALI: hui, arek watugong ya. hapal banget sama unmer. hehehe...

kayaknya saya pernah dengar nama sampean dimana ya? *buka-buka arsip*

dee said...

to antown en mukhtarom ali:
wah ktm temen "sekampung" di blog saya ya.. senengnya jd bisa reunian :D

Mike.... said...

gila..penjual masi nekad jual makanan kadaluarsa gni?
bused..nyawa orang jd taruhannya...
pemerintah mesti komitmen dgn peraturan itu, biar penjual pada mikir2 dl kalo mo berdagang produk kadaluarsa..

dee said...

to mike:
yah you know lah pemerintah gimana mike.. bikin regulasi doank tp penerapannya keteteran..

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial