Sunday, November 9, 2008

Belajar Seni Merangkai Kata

Bukan wartawan, bukan copy writer, tapi kerjaan gue emang berhubungan dengan tulis-menulis. Singkat cerita (karna saya lagi males bertele-tele), setelah reporter selesai nulis hasil reportasenya, tulisan mereka gue edit. Sebagai editor bahasa, ya kerjaan gue ngedit bahasa artikel yang bakal terbit. Mulai dari pilihan kata, kepaduan kalimat, sampai wacananya..

Salah satu unsur penting yang ga bisa disepelein tuh JUDUL dan PENGAIT. Judul adalah bagian pertama yang diliat pembaca, jadi komposisinya harus menarik. Kalo menurut teori buku sih, judul mesti singkat, padat, dan persuasif. Pengait lain lagi.. Bentuknya semacam paragraf mini. Kalo di majalah gue, pengait terdiri atas paling banyak tiga kalimat. Fungsinya, sebagai pengantar buat pembaca sebelum mereka mulai melahap isi bacaan.

Selain ngedit, tugas gue juga nyari judul dan pengait alternatif, biarpun ga selalu. Buat gue sih ga gampang. Asli, bisa pusing tujuh keliling cuma untuk ngerangkai kata jadi judul. Sepertinya butuh nyepi dulu untuk nyari wangsit. Belom kalo ga ada ide, sumpek en suntuk deh.. Tapi, kalo judul ataw pengait alternatif gue yang dipilih, senangnyaaaa.. HORE.. HORE.. HOREEE.. Jadi kepuasan buat diri sendiri..

Judul dari penulis:
Industri Pasar Modal di Tengah Krisis Global

Judul alternatif gue:
Pasar Modal 2008 Tercelup Merah

Pengait dari penulis:
Karier cemerlang dalam pekerjaan tentunya menjadi impian banyak orang. Tapi, jangan berpikir hal itu dapat diwujudkan secara instan. Komitmen dan kerja keras adalah modal yang harus dimiliki.

Pengait alternatif gue:
Jangan harap mencapai kesuksesan secara instan. Yang dibutuhkan perusahaan bukanlah karyawan yang pandai menjilat, melainkan yang berprestasi dan giat. Apa saja jurus jitu mendongkrak karier?

Gue emang masih butuh banyak belajar. Maklum, baru jadi editor kira-kira empat taun. Belom jadi editor senior, apalagi editor in chief. Kadang masih ga pede kalo mo utak-atik kalimat. Plus, sering juga ga gitu paham kontennya coz yang gue edit tuh tulisan tentang perbankan, ekonomi, en keuangan.. Langsung deh, angkat telpon, trus nanya penulisnya. Hoy, ni maksute apa yaaaa????

51 comments:

angel said...

mbak tolong dun di editin juga postingan saia yang ancur bin morat-marit hakhakhak...gud ni postingannya...palagi yang bagian angkat epun n nanya maksudna cemana...heuheueheu

Haris said...

Wah aku mesti belajar dari Dee. Kalau komentar di blog pondokku, dikomentari juga ya penulisannya.

Ivana said...

editor? wuih..keren..harus banyak berguru ni sama bu editor,hehehe...

Anonymoussaid...

emangnya jadi editor untuk penerbit mana?

Anonymoussaid...

hmmm..baru ngeh skr klo kerjane editor..., kirain seorang potograper...?? wah..empat tahun jd editor, berarti dah lulus tuh ibarat masa kuliah.

Kristina Dian Safitry said...

aku datang minta dieditin tulisan gw nih. bisa gak ya?he..he...maklum daku masih juniooor banget. mau ya?

Eucalyptus said...

Wuiiiiiii.... kereeeeen.... gimana klo edit postinganku yg babak belur itu? Hue he he...

riosisemut said...

Wow..huebat tenan.
Seorang editor.
Uda 4 th lg...
Ckk..ck..ck..keren.
Aq malah ngiranya dulu km seorang model, hehe...
*piss*
Bdw, bagus tuh editan yg tntang pasar modalnya, kalimat pengaitnya sungguh bkin yg baca jd penasaran.
Boleh dunk mnta di editin postingan terbaruku... hehehe...
*ngarepdikunjungi*

Anonymoussaid...

wuih, hebad... aku kagum loh sama profesi editor. hal2 yang bersangkut paut dengan olah kata2 tuh ga gampang dan perlu kecerdasan juga kepekaan bahasa yang tinggi loh...
salut banget, dee...
keep up the good work yah...

kRucIaL said...

yah, dah 4 tahun...
ajarin ngedit kata2 dan merangkainya, tulisanku bener2 berantakan >,<

Anonymoussaid...

hebat beneeeer.... pengen deh bisa ngerangkai paragraf demi paragraf yang alus ngalirnya... susah banget nyari kata2 utk pengaitnya...

pantesan kalo baca2 disini enak, dee... ternyata editor to.. siip, siiip...

Anonymoussaid...

semua memang harus belajar.... yang terpenting jalani aja tahap demi setahap... salam

Anonymoussaid...

serius lho dee sy paling sulit kasih judul suatu tulisan.. postingan sendiri aja klo udah selese ketik bingung deh kasih judul hehe.. ajarin dooooooooooooooooong :D

roxyfoxy_84 said...

cieeee. keren2 dee. jadinya lebih catchy dan dramatis. bikin penasaran hehehhehe.

Jimmy Kokong said...

akhirnya .. jimmy bertemu dengan sang Editor .. dee.. tolong lah perbaiki jimmeh dengan bahasa yang baik dan benar .. kata-kata jimmy penuh dengan sekelumit kata yang penuh dengan konjungsi imprologi yang tidak dapat di mengerti.. apalagi akibat sindrom hurup 'R' membuat prolog-prolog di kehidupan nya jimmeh menjadi kacau balau.

Anang said...

blog saya diedit juga dong

Anonymoussaid...

waaa ternyata dikau editor, dee...asyiiiik. jadi pengen nanya2 soal teknik penulisan nih. soalnya masih awam banget soal ini dan gak punya background pengetahuan tulis-menulis

mencobahidup said...

setuju bu....saya pernah salah tuh sewaktu ngelamar kerjaan jadi wartawan disuruh bikin script berita eh malah bikin script iklan (copy writing)abis kebiasaan sewaktu kuliah
sih.Harusnya fakta ini malah full komersial dan persuasi

Anonymoussaid...

aku paling gak pinter dee kalo merangkai kata tu gimana, sulit banget menurutku

Anonymoussaid...

yahhh gitu deh kerjaan wartawan dan semacamnya, jadi inget mantan gw dulu kalo marahan sampe2 bahasa dan cara ngomong gw pun di'betul-betulkan' hahahaa

Anonymoussaid...

Keliatan kok, dari tulisannya yang rapi, tanda baca sesuai dan ga kaco balow...

Benakribo said...

waaah baru tau kalo jadi editor... udah lama lagii .. pasti kemampuan bahasa indonya jago yaa auehaueha hebat!

Anonymoussaid...

dee, aku dibantuin ngeditin tulisantulisan donkkksss...pusing neh.huaaaaa.
kayaknya ngedit itu pekerjaan yang bikin pusing ya. kadang gak mudeng sama kontennya, kadang juga karena terserang males *maap ya malah curhatt* :)

Anonymoussaid...

dah mayan lama itu dee, 4 tahun loh. Selain belajar menjadi yang terbaik, jgn lupa belajr mencintai pekerjaan karena kadang tidak bisa dipungkiri rutinitas bisa membosankan :)

bukan bgitu dee? kalo udah bosan, mampir aja ke blog saya hehehe. teteup

hari Lazuardi said...

nanti yang edit tulisannya editor siape ya :)

cahpesisiran said...

mau dong postinganku dieditin juga.. banyak yang ancur2an solanya hihihi..
btw, dah senior dunk klo 4 tahun
kuangkat jadi suhu ah..
ok suhu Dee?! he2

astrid savitri said...

Temen sy pernah bercita2 jd editor, dan malah sekarang dia jd kreditor alias tukang krdit, wkwkwk..

hebat dee, baca postingan ini sy jadi inget sebuah filmnya jennifer love hewitt, di sana dia jd editor yg pelan2 sukses..sayang sy lupa judulnya :(

astrid savitri said...

dee, komentar sy yg tadi masuk gak ya?? kayaknya sy salah pencet deh ;lol

rezkitrianto said...

duh..saya ga bakat ah yang begituan....

riosisemut said...

Pesan khusus bwt Jeng Dee dan jg bwt tmen2 sesama bloggers lainnya,

Tmen-tmen smua...
Mulai tgl 15 besok, aq mau pamitan sma kalian smua.
Maybe gak kan prnh trlihat lg comment2 aq di blog kalian selama beberapa bln ke dpn.
Aq kan pergi tuk smentara.
Untuk lebih detailnya silakan kalian baca sendiri postingan terakhirku ini. Jng lupa tinggalkan comment kalian disana.
Selamat tinggal tmen-tmenku semua.
I love U all..
Tetaplah kalian berjuang melalui tulisan.
Semangat..!
Semangat..!!!

*copasdariblogkeblog*

-- said...

Wah gitu ya.......?
kadang aku asal nulis apa yang ada di kepala aja. kalau sempat ya di edit kalau ga nanti dah 2 hari kemudian baru liat ada yang keliru hhehehe

diorockout said...

aku tidak pandai merangkai kata

Anonymoussaid...

kenalan mbakkkk............ wuaaahhhh dah ngedit 4 taon neeehhh????? ya dah senior ngkaleee.... tolong blog-q diedit-in mbak.... tappi gratisan yaaahhh???? hehehehe.......

Anonymoussaid...

duhhh gak mau komen ahh..takut di edit hahahahaha

Anonymoussaid...

wah akhir ketemu juga blog punya editor hehehe.
g kenapa2 sih :D

tapi
salam kenal ya ! ^^

Anonymoussaid...

aku simpan link blognya ya !

Anonymoussaid...

takut ah
takut mbak dee masuk blok ku dan marah mengetahui penulisanku yang acak kadut

Eucalyptus said...

Have a nice week end, Dee...

Anonymoussaid...

hiyah bener mbak e
susah loh merangkai kata ituh
yg kita enak bacanya dan org laen juga

Jenny Oetomo said...

Pantas tulisan Dee padat dan bernas ngak tahunya editor eeeh, kapan diajari atau posting agak lengkappan dikit tentang tata cara ngeedit, Salam

yantox said...

oeyy..opeyy..oeyyyy

Unknown said...

ini teh dee nu eta tea? :)

Anonymoussaid...

Mohon petunjuknya dong tuk peng-Edit-an di Ruanganku.. :)

Dee, Ada Award untuk STILETTO di Ruanganku.. mohon berkenan untuk menerimanya, trims..

Anonymoussaid...

salam kenal!

“Di suatu waktu, aku akan cerita dalam sayup-sayup kantuk; aku hanya peladang yang menanam hari di awal pagimu dan akan kutuai kau di ujung petang—mungkin akan kauanggap sebagai pinangan. Di jantungmu.”

kunjungi juga blog ku ya!

Anonymoussaid...

judul itu harus provokatif. Itu yang gw dapet selama jadi Reporter. heheh

dee said...

to pinto anugrah:
puisi yang bagus mas pinto.. tp sy ga bs ke blogmu tuh.. url-nya apa yah? salam kenal juga..

ayu said...

baru tau kl mba dee ini editor, ketinggalan yah.

seezqo said...

Wah editor tuh atasannya penulis, jadi malu nih tulisan saya nggak pake aturan ...

dee said...

to seezqo:
editor bukan atasan penulis loh.. kami punya job desk masing-masing. dalam bagan organisasi perusahan, posisi editor dan penulis sejajar.. :)

Kuyus is cute said...

Enaknya punya keahlian ngedit .. aku aja masih belajar menulis .. masih amburadul ..
he he

Anonymoussaid...

anaklanun.wordpress.com

kunjungi y

salam
pinto

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial