Wednesday, September 10, 2008

akukah penjelajah waktu?

Untaian makna merajut waktu
Waktu yang terus begulir satu-satu
Satu-satu lentera kunang-kunang mulai redup
Redup jugakah asa di dada?



Ceritanya gue bukan sok puitis karna gue sebenernya ga bisa berpuisi. Tapi, untuk ngisi jeda antara ada kerjaan dan tidak, entah kenapa.. jari-jari tangan gue yang (ga) lentik ini tergerak untuk nulis beberapa baris kalimat tadi. Biasanya gue manfaatin kesenggangan untuk TIDUR. Tapi, kali ini, rasanya sayang menyia-nyiakan sang waktu untuk hiatus sesaat.

Waktu..

Ya, waktu emang terus berjalan.. Mengiringi langkah kita dan lama-lama meninggalkan kita untuk selama-lamanya. Waktu emang ga akan berputar kembali ke masa lalu. Biarpun banyak penghayal andal yang memimpikan mesin waktu untuk menjelajah dimensi lampau dan yang akan datang. Kita hanya bisa menjalani kekinian, dan memanfaatkannya dengan baik.

Sejak dalam kandungan ibu, belajar merangkak dan berjalan, pertama kali pake seragam merah putih, sampe sekarang bisa berkarya sendiri, kita bisa diibaratkan selalu menenun jalinan waktu. Momen-momen suka dan duka, bahagia dan terluka, tawa dan air mata, pertemuan dan perpisahan. Semua itu emang akan terlewati, tapi ga bakal bisa dilupain gitu aja. Pertanyaannya adalah apakah kita sudah menapakinya dengan baik dan membuatnya ga kehilangan makna?

47 comments:

Vina Revi said...

Selalu susah nyari kata-kata untuk ng-respon postingan yang pake bahasa puitis euy, Dee! :)

Eucalyptus said...

Itulah yang selalu didengungkan di ayat Al Qur'an : Demi Masa, maka akan rugilah orang yang menyia-nyiakan waktunya... (kira2 begitu bunyinya, gak terlalu hafal). Aku sbg manusia biasa juga seringkali menyia-nyiakan waktu untuk hal2 yang gak berguna..
BTW makasih ya ucapan selamat dan doanya buat Selma.... amin..

Rezki said...

aduuhh...inikan namanya puitis...hahah..eh..apa sih hubungannya postingannya ama potonya??

cerita senja said...

jangan siakan tiap detik hidupmu

*ceilah, sok bijak banget nih aku. hihihihi*

Tiar Bukan Bloggersaid...

@dee: Kunang2nya redup karena udah siang...bukan karena asanya udah redup :P


@Eucalyptus: Maksudnya surat Al-'Ashr ya? Demi Masa, sesungguhnya manusia itu dalam kerugian...

preme said...

wuih2 mendalam sekali lg ada apa nih,,,

hehehe kabur ah..

Tony said...

andaikan ga bisa tua ya...biar waktu puter gimanapun tetap santai *kabuurr*

afwan auliyar said...

bener sakali .....

krn waktu nggak akan pernah kembali lagi ... :)

astrid savitri said...

Dulu saya suka berkhayal bisa menjelajah waktu dgn mesin waktu, tapi setelah gede-tua saya sadar bhw saya kebanyakan nonton film :)

Dee, blognya aku link ya!

seezqo said...

Lho kita kan semua sering terlempar ke masa lalu atau ke masa depan tanpa nggak sengaja, kalo lagi ngelamun ...

Caroline Sutrisno said...

kadang kita emang perlu brenti sebentar untuk mengevaluasi apa aja yang ud kita lakukan selama ini supaya waktu kita ga terbuang sia2 dengan melakukan hal2 yang kurang berguna... ya kan? ya kan, dee??? :P

cahpesisiran said...

"Sejak dalam kandungan ibu, belajar merangkak dan berjalan, pertama kali pake seragam merah putih, sampe sekarang bisa berkarya sendiri"

ga terasa, waktu berjalan begitu cepat. bahkan seperti berlari..
btw, tu foto kontes gaya terbaik pegang hp kah??
kwkwkwkkwk..

Bani "BBoy Kodok" said...

kayaknya saya belum menggunakan waktu hidup ini dengan sebaik-baiknya deH....

masih banyak yang sia-sia....
hiks..hiks..hiks...

o iYa juduL Potonya kayak gini ya:
"Hari giNi ga Punya HaPe!!!" ,he,he,he

Didiet said...

hmm mau komen apa ya..terlalu dalam postingannya si Dee

timur matahari said...

salam kenal
menjamah waktu mungkinkah?
sampai kita bisa sejalan beriringan..
tidak seperti saat2 ini..
di kejar dan mengejar..

vin said...

waktu tak perah statis
selalu saja relatif
pada usia
pada kenangan
pada perjalanan
waktu...jangan siakan
atau terlena akan jadi kefatalan

lusia said...

HI friend,very nice blog and usefull,thanks for sharing.Hi I did my round,plz do the same.tnx.
http://www.googleadsensesystem.blogspot.com/
http://www.icineworld.blogspot.com/
http://www.softwareonlinehelper.blogspot.com/

eivengusky said...

Untuk itulah kita perlu mengisi waktu yang diberikan oleh Allah untuk hal2 yang berguna.. bukankah waktu juga adalah kehidupan dan bila waktu bergeser satu hari artinya jatah hidup kita pun berkurang satu hari..

Secara sadar saya faham dengan semua makna itu tapi kadang sebagai manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan seringkali saya membuang waktu untuk satu hal yang tidak berguna..
Mudah-mudahan Allah mengampuni saya akan waktu yang terbuang sia-sia dan kedepannya bisa menapaki waktu dengan baik supaya gak kehilangan makna.. InsyaAllah

Shireishou said...

Iyah... kadang kita jg berpikir apa kita sudah berbuat sesuatu yg bagus samp detik ini kita menghirup nafas

Krn aku punya prinsip "Manusia hidup bukan krn hidup itu menyenangkan melainkan untuk terus memberikan arti ttg keberadaannya kepada orang lain."

btw pusiinya singkat dan mengena. bagus sekali

EbleH 182 said...

waktu adalah waktu. sedangkan waktu juga di kata waktu. Waktu bisa berubah tapi waktu tetap waktu. :D

Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya..

Antown said...

sepakat sama eucalypt, kadng kita terlena dunia, maka kenapa dalam postingan saya menulis "Silakan tampar saya"

Manik said...

satu persatu jejak itu semakin jelas
tercetak tebal dalam hatinya.
Lalu terjalin sebuah makna merajut arti yang dikandungnya... :D


btw, lagi belajar merajut yah mbak? :P ihihihiii..

oping said...

iya... hidup terlihat simple tp kompleks bgt buat dimaknai. mudah2an kita gak sia-sia ya dee idup segini lama di dunia

Jenny Oetomo said...

itulah waktu yang merupakan sumber daya yang sangat terbatas, salam

Anang said...

itu potonya lomba cepet2an sms ya

Feta said...

Maybe dg intropeksi tiap malam bs buat kehidupan jd bermakna jenk (Hehehe pengalaman nie ^_^). Waktu tidak akan menunggu dan akan selalu meninggalkan Qta tapi so Qta mesti berbenah biar kehidupan makin baik (setubuh eh.. salah, setuju ^_^)

wisnhu_ajie said...

Wah jadi inget film jaman dulu sebangsa time trax, quantum leap, back to the future...

reekoheek said...

bagus kok kata2nya..

iya, klu dirasa2in aku malah ngerasa udah merugi banget di waktu :(

salam kenal :)

easy said...

"Pertanyaannya adalah apakah kita sudah menapakinya dengan baik dan membuatnya ga kehilangan makna?"
-----------------------------------
jawabanku :
sudah :)

kRucIaL said...

hahahah...
memang bener bagaimana kita melewati hidup itu lah yang penting...

Frenavit Putra said...

Demi masa (waktu) sesungguhnya manusia itu merugi.... Jadi jangan sia-siakan waktu yang ada...

Shireishou said...

Mampir lg. Btw br ngeh itu yg diatas "Edit-me" ga diganti codenya?

dondanang said...

inget waktu. Jangan ngeblog molo

Mukhtarom Ali said...

"waktu bagaikan anak panah yg selalu melesat jauh ke depan. meninggalkan kita yang terlena dan terlupa".
" Tetapi waktu adalah juga makhluk, dia bisa kita kejar, sejauh kita mau berusaha"
" berusaha untuk membuat hidup kita lebih baik, maka serasa kita ada di depan sang waktu"

Karena alasan waktu juga, aku pindah ke PT.BISI International Tbk. Sebuah anak perush dari Charoend Pokphand.
website :
"www.tanindo.com"
Demi masa.. (Wal' asri)

diorockout said...

perlu 2 minggu baru bisa mengcerna isi postingan sampeyan mbak

SatoNa said...

huee.. kalo mikirin waktu bisa stress ndiri deeh.. rasanya ga pengen nyia-nyia in waktu yaa.. tapi kalo waktu tuh dikejer" truz.. bisa" kita nya yang keteteran khan.. :(

btw, untungnya temenku ada yang bisa betulin komp sih cc.. hehe.. di repair gitu dah mendingan. sampe aku nya juga belajar nge repair ndiri. hihi.. soalnya kmrn sempet nge hang nge hang lagi. hikz.. dan agak gagal nge repair. untung skrg dah bener.. moga" dah ga ada masalah deh. cape banget ngurusinnya. huhu..

huee.. kadang pas skripsi tuh punya banyak masalah banget yaa.. trus gmn donk cc pas kompnya rusak? lgsg pinjem komp org?

gus said...

jadi pingin yang enggak..enggak neh...

pencakar langit said...

waah diah...itu angkatan 2000 yaa? Lucunya...

Antown said...

hi dee blog saya pindah nih, alamatnya di antownholic.com
silakan mampir ya... makasih

JiMmY luVhaRa said...

untung ada doraemon .. jadi bisa minta kembali ke waktu yang dulu ..
"hush..hush .. jimmy nobita cerewet..orang lagi serius juga.."
hm.. dulu waktu jimmy masih kecil.. masih imut.. masih lucu.. lom endut kaya skarang .. kata pa' ustad .. "jika kita bisa melapangkan waktu untuk agama Alloh, maka Alloh akan melapangkan waktumu .." begitu bukan ya..

dhie said...

Hore.... hore.... Akhirnya dee bisa juga nge post yang puitis..... :)

Ayo....

Puput said...

banyak maknanya nie,... komen fotonya aja deh

fotonya lagi pada nge plurk.com kayaknya

brainwashed said...

kebanyakan kita sadar, tapi waktu tetep terus berjalan. waktu selalu berada di depan, dia ga pernah kenal kata menunggu, dia akan meninggalkan kita dibelakang dan melindas siapa saja yang lalai.

waktu ga sekompleks hitungan detik ke menit ke jam ke hari ke minggu ke bulan ke tahun. waktu adalah setiap detakan jantung, hembusan nafas, dan setiap gerakan yang kita lakukan sekarang, disini, ditempat ini. waktu adalah apa yang semua kita lihat, dengar, dan rasakan. jadi, silahkan memilih dengan mau dengan cara apa kita akan meniti waktu?

brainwashed said...

kebanyakan kita sadar, tapi waktu tetep terus berjalan. waktu selalu berada di depan, dia ga pernah kenal kata menunggu, dia akan meninggalkan kita dibelakang dan melindas siapa saja yang lalai.

waktu ga sekompleks hitungan detik ke menit ke jam ke hari ke minggu ke bulan ke tahun. waktu adalah setiap detakan jantung, hembusan nafas, dan setiap gerakan yang kita lakukan sekarang, disini, ditempat ini. waktu adalah apa yang semua kita lihat, dengar, dan rasakan. jadi, silahkan memilih dengan mau dengan cara apa kita akan meniti waktu?

raie said...

kok kayak pernah liat latar foto itu ya?
dimana tuh mbak?

dee said...

to raie:
itu fotonya di ITB :D

raie said...

huaaaa. di sipil yah?
lho mbak dee dari itb toh?

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial