Monday, March 3, 2008

gemericik air

AIR. Sejak SD kita tau kalo 80% tubuh manusia berisi air. Hampir semua kegiatan kita juga butuh air. Minum, mandi, nyuci baju, masak, de el el. Bahkan untuk mensucikan diri juga harus pake air, misalnya berwudhu. Apa jadinya kalo air bersih makin tiris? Pastinya kitalah yang bakal kesulitan sendiri. Gimana mau bersih kalo kita mandi pake air yang kotor dan ga higienis. Gimana mau mensucikan diri kalo kita wudhu dengan air yang tercemari najis.

Air yang melimpah sih banyak. Apalagi sekarang lagi musim banjir. Tapi, apa air bah itu layak untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia secara sehat? I don’t think so.. Dari warnanya aja udah coklat-coklat butek gitu, plus dihiasi sampah-sampah ngambang. Ga sampe hati rasanya minum atau cuci piring en baju pake air itu. Tapi, korban banjir atau orang-orang pinggir kali bisa apa sih. Mau ga mau mereka harus ambil air sisa banjir atau air sungai untuk kegiatan sehari-hari.

Di kota-kota besar, seperti Jakarta, air yang bener-bener bersih susah banget didapat. Kebanyakan, air tanah (air alam) sekarang mengandung besi atau malah tercampur bahan kimia lain. Gue yang tinggal di pinggiran kota aja ngerasa air yang gue gunakan tiap hari ga sehat. Waktu gue nginep di rumah temen di daerah Slipi dan harus mandi di sana, lebih parah lagi. Airnya bau kaporit, warnanya putih butek, dan licin. Sampe-sampe bak mandinya berkerak coklat (kaya karatan) karena bahan kimia yang terkandung dalam air. Hiii... jijix!

Sekarang, setiap cuci muka, gue pasti bilas pake air mineral. Takut... Abis cuci muka bukannya bersih den berseri, malah kulit muka gue bruntusan. Tapi, sampe kapan kita bisa hidup dengan air yang tercemar? Jangan-jangan, sebentar lagi kita mesti bayar mahal untuk ngedapetin air bersih. Dan, air bersih bakal jadi barang mewah. SOS! Ayo, kita minimalkan pencemaran air. Buat kita-kita juga kan...

2 comments:

nindyasari said...

Bener bener... jgn cuci muka pake air di kantor...airnya kan sama baunya dengan got depan tuh,...hehehe... Ada gak ya yang punya ide balikin air di InfoBank jd bersih lagi...

dee said...

emang air di kantor juga ga bersih.. bau.. dah gitu, butek pula. liat aja air dalam bak kamar mandi atas.. hueeeexxx!!!

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial