Tuesday, September 25, 2007

Keabsahan Puasa Manusia Bertato


Gue selalu tertarik kalo ngomongin tato. Dulu, image orang bertato tu serem banget, preman bo. Tapi, sekarang, image itu mulai bergeser. Tato dianggap sebagai bagian dari tren, gaya, en mode. Buat gue sendiri, tato itu emang keren. Tapi, (catet ni, penting), tergantung orangnya juga laaah. Kalo yang bertato abang-abang preman Tanah Abang mah keliatan tambah sangar. Tapi, kalo Mas Tora (Tora Sudiro-red), di tato di mana pun en sebanyak apa pun tetep aja ganteng, huehehe.

Buat gue, tato punya nilai estetik yang tinggi. Tapi, gue ga pernah berani bikin tato, biarpun pengen banget. Bukan karena takut sakit, tapi takut ga bisa solat. Blom lagi, kalo bosen sama tatonya, ngilanginnya susah. Yang gue denger slama ini, kalo tatoan, solatnya ga sah. Coz, air wudhu ga bisa meresap ke kulit yang ditutupin tato. Menurut gue, penjelasan itu masuk akal juga, walaupun yang sebenernya bisa mastiin ibadah itu sah apa engga kan cuma Allah.

Blom lama ini, keinginan gue bikin tato muncul lagi gara-gara temen gue bilang, sekarang ada tinta tato yang ga nutupin pori-pori kulit. Efeknya kaya daun pacar ataw hena kali ya. Tapi, yaaaa.. gue pikir-pikir dulu deh.. Sapa tau itu cuma bisa-bisanya tukang tato ngomong. Kalo dah dah telanjur tatoan, ternyata ga ada bedanya sama tinta tato biasa, sedih juga kan.

Nah, gimana dengan puasa? Puasanya orang bertato sah juga ga sih? Secara, katanya, solat pun ga sah kalo tu orang tatoan. Gue ngomongin ini sebagai orang awam loh, bukannya pengen sok-sok agamis. Gue sendiri sempet dilema getoo coz di satu sisi gue juga excited dengan tato. Tapi, ga tau ketentuan tentang keabsahan ibadah orang yang punya tato..

Oya, gue dah nanya ke beberapa temen soal masalah tato ini. Mungkin temen-temen lain yang baca tulisan ini punya pendapat yang beda.. Pengen sharing aja..

Pertanyaan gue,
Say menurut lo, ibadahnya org bertato sah ga? misal solat n puasa..

JAWABAN by YM

WIKA
“Kalo tato permanen berarti kan tato itu menutupi kulit. Jadi kalo wudhu, air ga masuk dong. Kalo bisa sih dihilangkan. Tp, kalo orang itu udah bener2 niat tobat, ya gapapa. Allah kan liat niatnya. Apalagi, kalo udah berusaha ngilangin tato itu. Dengan kata lain, jalanin aja terus ibadahnya dengan penuh keyakinan dan niat berserah. Soal diterima atau tidaknya, itu kan terserah Allah.”

DINDA
“Tergantung niat bikin tatonya. Terus kl masalah diterima or ga c allahualam lah...”

AVRIE
“Engga tau. Mang napa? Kalo wudlu bukannya emang ga sah. Tato itu bukannya najis yaaaaaa. Tp lu jangan tanya ma gue. Gue jg kan begitu beriman, he...he...”

EKA
“Menurut guru agama gw...org yg memiliki gambar atau sesuatu yg mengalangi jln masuknya air wudhu, maka sholatnya tdklah sah. Klo untuk urusan tatto...di Islam ga ada yg namanya tatto...dan setau gw sih ga sah. Sholat dan puasanya hingga gbr tsb di hapus.”

RIRIE
“Gak sah. Kan air wudhu aja ga masuk. Apa pun yg dilarang pasti ngelanggar rukunnya juga.”

NITA
“Klo menurut gw sih ngga sah. Krn saat dia mandi wajib, air yg mengalir terhalang tatonya makanya badannya ga bisa bersih selama masih ada itu tato.”

IKA
“Engga sah. Orang beratato kan solatnya ga diterima. Makanya banyak orang yang dulunya preman (biasanya punya tato-red) kalo dah tobat, menghilangkan tatonya dgn cara disetrika. Ada hukumnya kok dee.”

GAGA
“Sah. Asal bahan yg buat mentato bukan najis.”

FANY
“Niatnya sich dah bagus dah mau ibadah, cuma kalo mau beribadah kan sama aja kita menghadap Allah SWT. Maka, diwajibkan seluruh tubuh harus dalam keadaan bersih. Soal diterima dan gak diterima ibadahnya, hanya Allah yang tau.”

NYRA
“Gak tau jg ya. Ade gw dl bertato, tapi dah di operasi lagi. Katanya, takut gak sah gt.”

YUYUN
“Waduh, gw bukan ustad bow..Tapi, setau gw sih, tato itu cuma makruh yah. Abis, gimana lagi. Yang penting kan niatnya. Eh, tapi kata temen gw ga boleh. Katanya ada hadistnya tuh. Secara logika, masih ada tinta yang ada di dalam kulit. Jadi ga bersih.”

ARLIN
“Sebenernya pendapat ttg tatoo itu bole apa ga ada 2..Satu, bole as long di luar anggota badan yg di luar daerah wudhu ..Dua, totally ga bole..”

ARIYN
“Gak sah. Kaya berzinah.”

SAPTO
“Klo tuk sholat sich sah2 aja. Asal tatony itu d mana dulu. Klo d tempat2 terkena wudhu, gak sah kayany. Tapi, klo mandi wajib ny itu sich yg susah, heheheh.”

IKHSAN
“Nah jika dia mempunya tato, tetapi sudah bertobat, secara de facto, sholatnya dan puasanya sah. Tetapi, secara de jure........maka kalao bisa tatonya itu dihilangkan...karena wudhunya tidak bisa menyentuh kulitnya karena terhalang dgn tataonya.”

ACHY
“Kalo dari solat sih enggak sah banget yah menurutku. Karena dari wudhu ajah itu udah ketutup oleh tatonya kan. Soo enggak bersih.”

6 comments:

mata said...

setahu saya tato itu mamng ndak boleh dalam ajaran islam...

- Nilla - said...

Rasulullah pernah berfirman, segala sesuatu yg masih tidak jelas itu hukumnya lebih baik tidak usah dikerjakan. Gitu aja sih kalo menurut gw! ;)

Dy said...

udah telat banget ya..gpp kan..ini ada hadist yang bunyinya
Dalam Shahih Bukhari dan Muslim dan yang lainnya dari Abdullah bin Mas’ud diriwayatkan bahwa ia berkata : “Allah melaknat wanita yang memakai tato dan meminta dibuatkan tato, wanita yang mengerik bulu alis, wanita yang merenggangkan gigi agar Nampak cantik dan merubah ciptaan Allah Ta’ala”

so udah jelas kan, bahwa tato itu gak boleh :)..bukan karena wudhunya gak sah atau gak keterima sholatnya. tapi memang jelas sudah dilarang.

salam kenal

dee said...

halo dy,
makasih ya untuk pencerahannya..
saya juga ga berani bertato, aplagi karena udah ada hadisnya..

brainwashed said...

gw bukan org agamis, gw pecinta seni dalam bentuk apapun termasuk tato.. tp klo untuk membuat tato di badan gw sendiri gw gak mau. alesannya, gw pgn klo gw mati, jasad gw natural, no artificial ornament, just like it was.

Anonymoussaid...

kenapa kita harus selalu terjebak pada sesuatu yang tersurat..tidak mempertimbangkan sebuah hakikat...ibadah bukan perkara badan tapi perkara hati..jika tulus manusia menyembah ALLAH maka dia gak perduli akan diterima atau tidak oleh NYA...tak berduli badan penuh tatto..........!

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial