Thursday, July 12, 2007

Friday the 13th


Sadar ga sih kalo hari ini Jumat tanggal 13 ataw bekennya Friday the 13th? Banyak orang, baik di Indonesia maupun di beberapa negara lain, seperti Amerika, yang menganggap tanggal 13 apalagi kalau bertepatan dengan hari jumat itu tanggal sial. Bad luck. Di Yunani dan Spanyol, ketakutan pada Friday the 13th disebut paraskavedekatriaphobia yang berasal dari bahasa yunani, yaitu Παρασκευή, δεκατρείς, dan φοβία, yang artinya Friday (Jumat), thirteen (tiga belas), dan phobia (fobia atau ketakutan).


Industri perfilman juga ga kalah sigap menangkap peluang untuk memopulerkan urban legend ini. Friday the 13th menjadi salah satu film horor klasik yang ngetop banget di Amerika. Film yang pertama kali tayang taun 1980 ini bercerita tentang Jason Voorhees, tokoh utama yang seorang pembunuh super sadis. Selain pembunuh, dia juga motivator bagi pembunuh lain (my god, seyem euy). Setelah film ini jadi box office, ga lama, sequel-nya mulai bermunculan. Yang terakhir berjudul Freddy Vs Jason yang beredar di bioskop pada 2003.




Sumber lain menulis artikel “Why Friday The 13th Is Unlucky”. Si penulis mengaitkan hari Jumat tanggal 13 dengan fenomena banyaknya kecelakaan yang terjadi hari itu di Inggris. Dia menyimpulkan, "Friday 13th is unlucky for some. The risk of hospital admission as a result of a transport accident may be increased by as much as 52 percent. Staying at home is recommended." Yah, percaya atau tidak, terserah Anda aja. Kalau gue, gue milih untuk ga percaya. Insya allah, Jumat ini yang kebeneran juga tanggal 13, akan berjalan dengan baik. Masa iya, gue cuma tidur-tiduran di kamar, ga ke kantor, ataw jadi takut keluar rumah. Positive thinking aja deh.

Mitos bahwa Jumat tanggal 13 adalah hari sial sebenernya dah santer terdengar sejak pertengahan abad ke-17. Banyak orang berpendapat bahwa jika kita beraktivitas hari itu, maka apa pun yang kita lakukan tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan, bayi yang lahir saat Friday the 13th akan menjadi anak yang tidak beruntung (walah, kasian amat ya). Simak aja beberapa pendapat mereka (orang-orang tua itu) seputar Jumat tanggal 13.


“Now Friday came, you old wives say, Of all the week's the unluckiest day." (1656)

"Fisherman would have great misgivings about laying the keel of a new boat on Friday, as well as launching one on that day." (1885)

“A child born on a Friday is doomed to misfortune." (1846)

atau

“Don't move on a Friday, or you won't stay there very long."

Well, percaya atau engga..terserah kalian aja, coz setiap orang pasti punya pendapat dan kepercayaan yang berbeda. Sama halnya dengan kucing hitam yang dianggap sebagai pembawa sial, gue pun menganggap Friday the 13th cuma mitos atau urban legend yang makin lama makin berkembang dan menjadi salah satu tema film horor yang seru untuk ditonton. Buat gue, setiap hari adalah hari baik. Tinggal kita yang menentukan sendiri mau membawa hari itu ke mana. Apakah menjadi hari yang menyenangkan, hari yang ngebetein, atau hari yang penuh berkah. Up to you guys..

*diambil dari berbagai sumber

3 comments:

Didiet said...

gak percaya ni aku sama tinggal 13 hari sial..tanggal 13 bagiku biasa aja

mata said...

jasoonnnnnn i love you...

dee said...

sama diet, gue jg ga percaya..
mataaa... sereman fredy krugger ya..

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial