Friday, December 7, 2007

Jakarta (Kembali) Tergenang

Dua hari ini, Jakarta diguyur hujan deras. Padahal kalo pagi cerah, eh siang atau sorenya, langit berubah jadi gelap, banyak kilat, gluduk-gluduk, trus hujan turun tanpa basa-basi, tanpa rintik-rintik terlebih dulu. Kata orang, hujan membawa berkah. Tapi, kalo hujan turun kaya air bah, bukannya berkah, yang ada malah musibah. BANJIR di mana-mana, termasuk daerah arteri Kebayoran Lama yang artinya deket kantor gue.

Kemaren, waktu pulang kerja, gue ga nyangka beberapa meter dari kantor gue (ke arah Permata Hijau) banjir. Kira-kira hampir setinggi knalpot mobil sedan. Lumayan tinggi ‘kan. Padahal, dulu daerah situ ga pernah kebanjiran. Paling airnya tergenang aja kalo hujan agak deres. Dulu yeee.. duluuuu.. Sekarang lain cerita. Sejak ada pembangunan BUSWAY (sialan itu), gue dah feeling bakalan banjir! Ga ada serapan air lagi karena tanahnya dicor.

Seharusnya, pemerintah dan penanggung jawab tata kota dah bisa memperkirakan dampak pembangunan busway saat hujan. Masa sih ga mikirin dampak jangka panjangnya buat lingkungan? Jangan cuma concern sama masalah polusi udara dong. Kasian penduduk setempat kan kalo rumah mereka jadi tergenang karena kesalahan perhitungan pihak-pihak tertentu. Jangan cuma ngejar uang miliaran atau triliunan rupiah tapi ngelupain hidup orang lain. Curhat colongan, gue juga sebel coz kemaren kaki gue nyemplung di kubangan, becek-becekan. Phuiiiiih!

6 comments:

SatoNasaid...

waah.. gara2 aku dah pindah bandung.. jd ga tau de kalo jakarta banjir lagi.. lucu juga yah.. biasa tuh banjir di jkt pas bln feb gitu.. skrg bulan des aja dah banjir.. huhu.. apa banjir gara2 ada pembangunan yang blm selesai kyk tuh busway? tinggi ngga cc banjirnya?

-SatoNa-

dee said...

gue tau pembangunan busway itu atas dasar niat amat sangaaaaaaaat mulia. tapi sayangnya, gue ngerasa masih banyak kekurangannya. mungkin persiapannya belum matang atw gimana.

banjir di beberapa wilayah cukup tinggi, satona. ada yang sampe sepinggang org dewasa. kalo di sejumlah spot di sepanjang jalur pembangunan busway, seperti kebayoran lama, sempet banjir setinggi mata kaki sampe pertengahan betis.

Riadi said...

wah siap-siap lebih sering banjir ni jakarta...sekarang hampir tiap hari ujan di jakarta :(

ryntoz said...

ehhhmmmm gak cuman jakarta

semarang juga banjir

Hik2 menyedihkan T_T

sueb said...

jogja juga ujan mulu. untung aja ga banjir...

wah, jakarta banjir yah? padahal kita ada agenda ngider-ngider di jakarta nih...

deesaid...

banjirnya dah surut kok..
cuma, kita tetep harus antisipasi kan.. sapa tau air bah datang lagi..

Post a Comment

 
© free template by Blogspot tutorial